• Jumat, 9 Desember 2022

Karantina Ditiadakan, Ibadah di Masjid saat Ramadan dan Mudik Diperbolehkan, Ini Kata Presiden Jokowi!

- Kamis, 24 Maret 2022 | 05:18 WIB
Presiden Jokowi bertolak ke Bali untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Internasional Bali (setkab.go.id)
Presiden Jokowi bertolak ke Bali untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Internasional Bali (setkab.go.id)

 

KLIKANGGARAN -- Pada Rabu, 23 Maret 2022 Presiden Republik Indonesia, Jokowi mengumumkan secara resmi melalui akun Instagramnya @jokowi mengenai kebijakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN). Apakah benar habis dari luar negeri sudah tidak perlu karantina? Ini kata Presiden Jokowi,

"Sampai dengan tanggal 22 Maret 2022, perkembangan pandemi covid-19 di negara kita terus membaik. Karena itu pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah-langkah pelonggaran. Pelaku pejalanan dari luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia TIDAK PERLU LAGI HARUS MELEWATI KARANTINA."

Dalam hal ini, masyarakat Indonesia yang telah melakukan perjalanan dari luar negeri dan mendarat di bandara seluruh Indonesia sudah tidak diwajibkan untuk karantina. Namun, Presiden Jokowi pun menegaskan kembali tetap mematuhi protokol kesehatan dan melalukan tes PCR setelah mendarat di bandara. 

"Namun, pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes SWAB PCR. Kalau tes PCRnya negatif, silahkan langsung keluar dan beraktivitas, kalau tes PCRnya positif, akan ditangani oleh SATGAS COVID-19," lanjutnya.

Baca Juga: Immanuel Ebenezer Dilengserkan dari Komisaris Utama Anak Perusahaan BUMN, Kenapa?

Walaupun sudah tidak diwajibkan untuk karantina, pelaku perjalanan dari luar negeri tetap diwajibkan untuk swab PCR di tempat.

Presiden Jokowi pun berkata, selama bulan ramadan, masyarakat Indonesia sudah dapat kembali beribadah ke masjid dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Bagi masyarakat yang ingin mudik pun sudah diperbolehkan, tetap dengan syarat sudah vaksin dosis 2 dan satu kali booster, serta selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: Instagram @jokowi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X