• Selasa, 29 November 2022

Pemudik Diperkiraan Melonjak, Menhub: Kementerian Perhubungan Siap Lakukan Persiapan Jelang Arus Mudik 2022

- Minggu, 3 April 2022 | 05:23 WIB
Ilustrasi: Arus mudik (Instagram/@putra_kju)
Ilustrasi: Arus mudik (Instagram/@putra_kju)

KLIKANGGARAN--Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memprediksi sebanyak 79 juta orang akan mudik Lebaran 2022 dengan tujuan paling banyak di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Dilansir melalui akun Instagram @jktinfo, Menhub menegaskan bahwa tingginya antusias masyarakat untuk mudik Lebaran ini harus diiringi dengan mempersiapkan sarana dan prasarana, serta yang terpenting memperhatikan keselamatan baik dalam perjalanan maupun dari faktor-faktor lainnya.

Menhub menerangkan pihaknya akan memastikan armada seluruh moda transportasi dalam kondisi yang baik untuk melakukan perjalanan.

"Saya minta kepada para Dirjen untuk melakukan cek bis, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check," kata Menhub.

Baca Juga: Siapa Tersangka Baru Kasus Binomo Indra Kenz yang akan segera Diungkap oleh Bareskrim Polri?

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan mewajibkan pemeriksaan kesehatan bagi pengendara moda transportasi yaitu pilot, nakhoda, masinis, dan sopir bis. Kementerian Perhubungan akan menyiapkan fasilitas pengecekan kesehatan di bandara, terminal, stasiun dan sebagainya.

Seperti diketahui, pemerintah telah memberikan kelonggaran aturan mudik lebaran 2022 mendatang imbas dari menurunnya angka covid 19 dibandingkan dua tahun sebelumnya. Namun diperbolehkannya mudik tahun 2022 ini harus tetap diikuti dengan mematuhi protokol Kesehatan ketika berpergian.

Melalui konfrensi pers di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (23/03/22) Presiden Jokowi mengatakan, "Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran dipersilahkan, diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapat dua kali vaksin dan satu kali booster."

Baca Juga: Dua Wakil Indonesia Tembus Partai Final Orleans Masters 2022, Christian Adinata Gagal

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X