• Sabtu, 29 Januari 2022

Serial Squid Game Sukses, Perusahaan Korea Selatan SK Broadband Gugat Netflix. Apa Penyebabnya?

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 15:02 WIB
Squid Game (Netflix)
Squid Game (Netflix)

Klikanggaran.Com – Sukse serial Squid Games yang tayang di Netflix, ternyata berbutut gugatan. Adalah penyedia layanan Internet Korea Selatan SK Broadband yang menggugat Netflix karena lonjakan pemirsa yang menonton serial tersebut.

Di kutip dari Reuters, Jumat, 1 Oktober 2021, SK Broadband menggugat Netflix untuk membayar biaya dari peningkatan lalu lintas jaringan dan pekerjaan pemeliharaan karena lonjakan pemirsa yang menonton Squid Games.

Langkah itu dilakukan setelah pengadilan Seoul mengatakan Netflix harus "secara wajar" memberikan sesuatu sebagai imbalan kepada penyedia layanan internet untuk penggunaan jaringan yang digunakan untuk mengekses Netflix.

Baca Juga: PON Papua Dibuka 2 Oktober. Ingin Tahu Makna Kangpho dan Drawa Maskot PON Papua dan Tagline Torang Bisa!


Lalu lintas data Netflix yang ditangani oleh SK melonjak 24 kali dari Mei 2018 menjadi 1,2 triliun bit data yang diproses per detik pada September, kata SK, berdasarkan kesuksesan beberapa produksi Netflix dari Korea termasuk "Squid Game" dan "D.P."

Sebelumnya beberapa anggota parlemen Korea Selatan telah menyatakan pendapatnya bahwa penyedia konten seperti Netflix harus memberikan imbalan kepada penyedia jaringan internet.

Menyikapi gugatan tersebut, Netflix seperti dilaporkan Reuters, menyatakan akan mempelajari gugatan SK Broadband. Netflix akan dialog dan mencari cara untuk bekerja dengan SK Broadband untuk memastikan pelanggan tidak dirugikan.

Popularitas serial "Squid Game" dan konten lain yang ditawarkan telah menjadikan Netflix sebagai penghasil lalu lintas data terbesar kedua di negara di Korea Selatan setelah Google YouTube.

Selama ini keduanya seperti diungkapkan pihakSK Broadband, tidak memberikan imbalan kepada penyedia layanan jaringan internet seperti yang dilakukan Amazon, Apple dan Facebook membayar.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: reuters.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X