• Rabu, 26 Januari 2022

PON Papua Dibuka 2 Oktober. Ingin Tahu Makna Kangpho dan Drawa Maskot PON Papua dan Tagline Torang Bisa!

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 13:55 WIB
Maskot PON XX Papua (Website resmi PON XX)
Maskot PON XX Papua (Website resmi PON XX)

Klikanggaran.Com – Pekan Olah Raga Nasional ke 20 atau PON XX Papua secara resmi dibuka Sabtu 2 Oktober 2021. Presiden Joko Widodo akan membuka PON tersebut. PON XX Papua memiliki dua maskot yaitu Kangpho dan Drawa, dua burung khas Papua dan tagline Torang bisa.


Kangpho adalah akronim atau kepanjaangan dari Kanguru pohon. Kanguru ternyata bukan hanya ada di Australia, tetapi ada juga di Papua. Kangpho merupakan jenis kanguru pohon dan satu diantaranya yang sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau nama latinnya Dendrolagus Pulcherrimus.


Kangpho mantel emas merupakan satwa mamalia yang memiliki kantung di perutnya. Hewan ini memakan buah dan biji-bijian. Bagian pipi, leher, dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini memiliki julukan mantel emas.

Baca Juga: Pakar: Putusan MK Soal Remisi Narapidana Sejalan dengan Nilai HAM


Drawa adalah Burung Cendrawasih yang selama ini kita kenal hanya ada di Papua. Cendrawasih merupakan burung cantik endemi dari Papua, melambangkan eksotisme dan pesona yang ada di tanah papua.


Drawa dan Kangpho dilengkapi dengan rumbai dari kulit kayu atau akar pohon untuk menutupi bagian pinggang ke bawah yang juga dilengkapi dengan hiasan ukiran Papua pada pinggangnya.

Kangpho dan Drawa mengenakan ikat kepala khas Papua yang berbentuk rumbai dan kerucut menyerupai gambaran pegunungan tengah Papua yang dikelilingi oleh gunung.

Baca Juga: FITRA: Tolak Tax Amnesty Jilid II sebab Punya Potensi Menghamparkan Karpet Merah buat Pengemplang Pajak


"Rumbai pada pinggang Drawa dan Kangpho biasa digunakan oleh perempuan dan laki-laki yang melambangkan sambutan hangat dan penuh keakraban di tanah Papua," kata Gubernur Papua, Lukas Enembe beberapa waktu lalu tentang makna di balik Maskot PON Papua.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Kominfo, Website PON Papua

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X