• Selasa, 18 Januari 2022

Mengenali dan Mengilmukan Sifat-Sifat Rasulullah Saw

- Sabtu, 6 November 2021 | 08:45 WIB
Ilustrasi (@sekar_mayang)
Ilustrasi (@sekar_mayang)

 

KLIKANGGARAN--Tak kenal, maka tak sayang. Begitu pepatah lama berbunyi. Seolah-olah menjadi rumus dalam hidup, bahwa jika ingin menyayangi sesuatu atau seseorang, kita harus mengenali sifat-sifatnya. Termasuk jika ingin mengenali Rasulullah, maka kita harus mempelajari sosoknya.

Seorang muslim sudah sepantasnya meneladani sifat-sifat Rasulullah, menjadikan beliau sebagai contoh dalam menjalani kehidupan di dunia. Sebab, sungguh dan benar, dalam diri Muhammad Saw terdapat kepribadian (akhlak) yang mulia.

Apa saja sifat-sifat Rasulullah yang patut kita jadikan pegangan dalam hidup? Mari kita simak penjelasan berikut.

Pertama, amanah. Rasulullah mendapat gelar Al Amin, yang berarti dapat dipercaya. Tidak hanya untuk urusan berdagang, bahkan di segala urusan, Rasulullah kerap mendapat mandat untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Rekomendasi DPRD Sumsel Temuan Awal Dugaan Korupsi di Pemprov Sumsel

Kedua, shidiq. Ialah benar, jujur, atas segala hal yang disampaikan kepada orang lain. Tiada orang lain meragukan kejujuran beliau.

Ketiga, fatonah atau cerdas. Dalam hal apa? Tak lain adalah dalam berpikir dan mengelola segala yang muncul sebagai persoalan hidup.

Selain tiga sifat di atas, Rasulullah juga bersifat tabligh, yaitu menyampaikan sesuatu (berupa petunjuk-petunjuk dari Allah Swt) kepada orang lain (dakwah).

Sifat-sifat lainnya antara lain teguh pendirian, giat bekerja, adil, menjadi pelindung bagi yang lemah, dermawan, penyabar, sederhana (bersahaja dalam penampilan), teladan, santun dalam bicara, serta sopan dalam berperilaku.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB

Peruntungan Shio Tikus di Tahun Macan Air

Sabtu, 1 Januari 2022 | 21:16 WIB
X