• Senin, 17 Januari 2022

Benarkah Bijih Emas Bisa Didapatkkan di Sungai?

- Minggu, 7 November 2021 | 15:09 WIB
Ilustrasi: sebuah sungai (Mongabay Indonesia/Anton Wisuda)
Ilustrasi: sebuah sungai (Mongabay Indonesia/Anton Wisuda)

KLIKANGGARAN--Film lama Benyamin S. berjudul "Intan Berduri" mengisahkan seorang warga menemukan intan di dalam bubunya yang dipasang di dalam sungai. Lalu, warga lain pun turun ke sungai berharap mendapatkan intan juga.

Namun, kisah warga turun ke sungai mencari bebatuan berharga bukan hanya dalam film, tapi dalammkenyataannya pun ada kejadiannya.

Misalnya, Warga Desa Ujanmas, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan pun turun ke sungai mencari bijih emas. Mereka mempergunakan peralatan sederhana untuk menggali bijih emas.

Demi mendapatkan butiran emas yang diharapkan, mereka beramai-ramai turun ke Sungai Are yang mengelir melewati Desa Ujanmas demi mendapatkan butiran emas yang diharapkan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Pencurian Buku Nikah, Sudah Ribuan Buku Nikah Dicuri dan Dijual ke Jasa Kawin Kontrak

Sebelumnya warga berburu bijih emas pernah terjadi di warga Desa Popalia, Kecamatan Tanggaetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Sebenarnya tidak hanya di Sumatera dan Sulawesi, beberapa sungai seperti di Banyumas, Jawa Tengah hingga di Kalimantan juga terdapat sungai yang mengandung emas.

Lalu bagaimana bisa sungai tersebut mengandung emas?

Mengutip duniatambang.co.id dalam artikel berjudul "Nyari Emas di Sungai? Kok Bisa?", secara sederhana, keterdapatan deposit emas di alam dibedakan menjadi dua tipe, yaitu keterdapatan sebagai urat atau vein yang umumnya berada di bawah permukaan dan keterdapatan sebagai endapan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: dunia tambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB

Peruntungan Shio Tikus di Tahun Macan Air

Sabtu, 1 Januari 2022 | 21:16 WIB
X