• Jumat, 1 Juli 2022

Pengawasan Dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Bank Sumsel Babel Belum Memadai

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 19:54 WIB
Ilustrasi (Pixabay/Raten-Kauf)
Ilustrasi (Pixabay/Raten-Kauf)

KLIKANGGARAN-- Pengawasan dalam penghimpunan dana pihak ketiga pada Bank Sumsel Babel dinilai belum memadai. Pengawasan merupakan proses untuk memastikan bahwa semua aktivitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Bank Sumsel Babel telah memiliki Divisi Pengendali Intern yang salah satunya memiliki fungsi pengawasan dalam penghimpunan dana pihak ketiga.

Informasi yang dihimpun Klikanggaran, atas kegiatan pengawasan penghimpunan dana pihak ketiga pada Bank Sumsel Babel ditemukan beberapa permasalahan, seperti tidak terdapat laporan performa atas pengelolaan Mesin EDC dan Agen Laku Pandai, serta pengawasan atas pelaksanaan kegiatan penghimpunan dana pihak ketiga belum optimal.

Baca Juga: GNPF Sesali Dukung Prabowo pada Pilpres 2019, Jadi 2024 Mau Pindah ke Lain Hati, ya?

Dalam periode pemeriksaan yaitu Tahun Buku 2018 – September 2020, Satuan Pemasaran yang bertugas untuk melakukan evaluasi kinerja/performa atas setiap mesin EDC yang dipasang pada merchant - merchant mitra Bank Sumsel Babel tidak dilakukan.

Penelusuran lebih lanjut, menunjukkan bahwa untuk periode Tahun Buku 2018 – 2019 tidak terdapat data terkait jumlah dan lokasi keberadaan mesin EDC yang tidak memiliki transaksi.

Laporan pengelolaan atas mesin EDC yang dimiliki untuk periode Tahun Buku 2018 dan 2019 merupakan laporan yang menampilkan mesin EDC yang memiliki transaksi untuk bulan berjalan namun tidak menampilkan mesin EDC yang tidak memiliki transaksi.

Akibatnya, meskipun dapat diketahui jumlah mesin EDC yang tidak memiliki transaksi namun tidak diketahui lokasi keberadaan mesin EDC tersebut.

Bagian Satuan Pemasaran Bank Sumsel Babel, menuturkan, bahwa Satuan Pemasaran selama ini tidak mengetahui apabila laporan atas performa pengelolaan mesin EDC merupakan tanggungjawab satuannya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Impor Energi China dari Rusia Terus Melonjak!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:38 WIB

Bankir JPMorgan Memperingatkan Risiko Ekonomi AS

Selasa, 5 April 2022 | 07:05 WIB
X