• Jumat, 21 Januari 2022

Perum Perhutani Kurang Memahami Potensi Hutannya, Kata Seorang Aktivis

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 21:44 WIB
Potensi Hutan Perum Perhutani (Dok.Pexels.com/Micah Boerma)
Potensi Hutan Perum Perhutani (Dok.Pexels.com/Micah Boerma)

Jakarta, Klikanggran.com – Perum Perhutani seperti kurang memahami potensi hutannya, sehingga setiap perjanjian selalu dalam posisi lemah. Ini belum lagi jika membahas keterlibatan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan pesanggem (petani penggarap lahan perhutani) yang lumayan ruwet. Demikian disampaikan oleh salah satu aktivis yang banyak mengawal dan berkecimpung di wilayah pertanian dan perhutanan, pada Klikanggaran.com di Jakarta, Sabtu (28 Agustus 2021).

Pernyataan tersebut disampaikan terkait artikel berita sebelumnya berjudul Perum Perhutani dalam Pengelolaan Pendapatan, Biaya, dan Investasi, Masih Bermasalah pada hari ini, Sabtu (28/08/2021) pukul 11:00.

Dalam artikel disampaikan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperoleh beberapa temuan permasalahan atas Pengelolaan Pendapatan, Biaya, dan Investasi pada Perum Perhutani.

Baca Juga: Monolog Sepatu Bekas

Aktivis yang enggan disebutkan namanya ini mengatakan, kawasan hutan itu lemah pengawasan. Disinyalir setengah lebih data laporan bukan menyatakan hal sebenarnya.

“Pernah kami mau manfaatkan kawasan hutan tidak produktif karena kualitas tanahnya buruk, tapi kepala perhutani setempat nggak berani. Karena laporan yang dia kirim, kawasan itu dinyatakan produktif,” ujarnya.

“Waktu itu kami ingin memanfaatkan untuk kandang sapi terbuka. Luasan kira-kira 200 ha. Harapannya dengan adanya kandang sapi terbuka akan memperbaiki struktur kesuburan tanah. Jadi manfaat ganda,” lanjutnya.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur Tetap Berjalan di Masa Pandemi, KA Bandara YIA Segera Beroperasi

Selanjutnya, berikut penuturan lebih lengkap dari aktivis tersebut, saat dirinya berkomunikasi dengan salah seorang Kepala Perhutani:

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X