• Selasa, 7 Februari 2023

Talk Show BKKBN dan Launching Dapur Sehat Atasi Stunting di Batang Hari 

- Rabu, 30 November 2022 | 05:13 WIB
Talk Show BKKBN dan Launching Dapur Sehat Atasi Stunting di Batang Hari  (Dok. Annuza)
Talk Show BKKBN dan Launching Dapur Sehat Atasi Stunting di Batang Hari  (Dok. Annuza)

KLIKANGGARAN -- Bertempat di Gedung Pemuda Jalan Pramuka Muara Bulian, Kabupaten Batang, Provinsi Jambi, Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief (MFA) diwakili asisten I Setda Batang Hari, M. Rifa'i, Selasa (29/11/2022) membuka Talk Show BKKBN dengan program bangga kencana sekaligus launching Dapur Sehat Atasi Stunting ( DASHAT ) Kabupaten Batang Hari.

M. Rifa'i mengatakan, dalam upaya mempercepat penurunan stunting perlu adanya sinergitas dan kolaborasi serta kombinasi kebijakan antara pemerintah pusat melalui program kegiatan di kementerian dan lembaga dengan pemerintah daerah melalui perangkat daerah dan lintas sektor bersama-sama dengan elemen masyarakat.

"Secara umum dashat diartikan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting (Jatim,  bumil, busui, baduta/balita stunting terutama bagi keluarga kurang mampu), melalui pemanfaatan sumber daya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumber daya/kontribusi dari mitra lainnya," ujar Asisten I.

Baca Juga: Koalisi Organisasi Profesi Kesehatan Luwu Utara Gelar Aksi Damai Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Salah satu upaya perbaikan gizi adalah melalui edukasi dan perbaikan konsumsi pangan, ibu hamil, ibu menyusui dan balita dari berbagai pangan yang tersedia, bergizi dan terjangkau dengan cita rasa yang sesuai dengan selera masyarakat kita, lanjut Rifa'i 

Kabupaten Batang Hari kaya akan sumber daya pangan yang diproduksi diperjualbelikan dan tersedia di wilayah Desa kita yang sering disebut sebagai pangan lokal daerah.

"Oleh sebab itu saya berharap dengan adanya kegiatan dashat ini selain akan terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil dan ibu menyusui serta keluarga beresiko stanting juga diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan program sehat dan bergizi berbasis sumber daya lokal serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga ataupun masyarakat yang berkelanjutan," kata Rifa'i menyampaikan arahan Bupati Batang Hari MFA dalam sambutannya.

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X