• Selasa, 7 Februari 2023

Buka GNPIP Sekda Harapkan Ada Terobosan Nyata Mengendalikan Inflasi Pangan

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:48 WIB
Buka GNPIP Sekda Harapkan Ada Terobosan Nyata Mengendalikan Inflasi Pangan (Dok. Annuza)
Buka GNPIP Sekda Harapkan Ada Terobosan Nyata Mengendalikan Inflasi Pangan (Dok. Annuza)

KLIKANGGARAN --  Mewakili Bupati Batang Hari, Sekretaris Daerah (Sekda) Batang Hari M. Azan, Jum'at (25/11/2022) membuka kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Batang Hari dengan dihadiri oleh pimpinan Bank cabang Jambi, para unsur Forkopimda, kepala OPD Kabupaten Batang Hari serta para pelaku UMKM dan peserta lomba.

Ada tujuh kegiatan yang dihadirkan diantaranya Senam Sehat, Pasar Murah dan pameran UMKM, Sosialisasi Digitalisasi Pertanian, Gerakan Konsumsi Cabai Olahan, Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah, Sosialisasi Qris, Akuisisi Qris 1.000 ASN dan masyarakat umum.

Sekda M. Azan mengatakan sejalan dengan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, perlu dilakukan pengendalian inflasi tinggi melalui 5 langkah.

Baca Juga: Empat Wakil Indonesia Maju ke Semifinal Bahrain International Series 2022, All Indonesia Final di Ganda Putra?

Pertama, perkuat identifikasi sumber tekanan inflasi di daerah melalui pemanfaatan data makro dan mikro serta data detail. 

Kedua,memperluas kerja sama antardaerah (KAD) guna mengurangi disparitas pasokan dan harga antar wilayah.

Ketiga, menurunkan biaya transportasi dengan memanfaatkan fasilitasi distribusi perdagangan antardaerah. Keempat, mengoptimalkan penggunaan anggaran belanja tidak terduga untuk mendukung upaya pengendalian inflasi daerah.

Baca Juga: 5 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Puskesmas Bungku, Diboyong Kembali ke Polda Jambi

Dan kelima, mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X