Dirjen Bina Adwil Tekankan Pentingnya Peran Kepala Daerah Dukung Ekosistem Smart City

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:47 WIB
Dirjen Bina Adwil Tekankan Pentingnya Peran Kepala Daerah Dukung Ekosistem Smart City (Dok. Puspen Kemendagri)
Dirjen Bina Adwil Tekankan Pentingnya Peran Kepala Daerah Dukung Ekosistem Smart City (Dok. Puspen Kemendagri)

KLIKANGGARAN -- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), membuka Indo Smart City 2022 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Techno Park, Kota Surakarta, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga merupakan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto; Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka; serta jajaran wali kota lainnya.

Dalam sambutannya, Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, menyampaikan bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era baru perkotaan. Jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan juga cenderung lebih banyak dibandingkan wilayah perdesaan.

Baca Juga: Heboh Gibran Rakabuming Beli Ijazah di Luar Negeri, Gibran: Coba Fotonya Dianalisa Dokter Tifa, Ini Faktanya!

"Proyeksi data menunjukkan pada tahun 2045 nanti, sebanyak 67,1 persen populasi penduduk Indonesia adalah warga perkotaan,” ujar Safrizal.

Menurutnya, tata kelola perkotaan menjadi salah satu titik tumpu yang tak hanya bermakna penting, tetapi juga mengandung arti strategis dalam perkembangan perkotaan.

Peran sentral wali kota, kata dia, menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tata kelola perkotaan cerdas atau dikenal dengan smart city.

Baca Juga: KABAR BARU KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar Kembali Diperiksa sebagai Tersangka, Apa Saja Pertanyaan Polisi ?

“Key factor dalam upaya mewujudkan smart city adalah political and good will dari kepala daerah. Start with mindset, execute within policy, di mana tata kelola perkotaan harus diselenggarakan dengan smart, sehingga mampu menjawab tantangan dan kompleksitas perkotaan,” tegas Safrizal.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X