• Sabtu, 1 Oktober 2022

Dukung UMKM, Tim Kukerta UNRI Sosialisasi Penggunaan Google Maps

- Rabu, 14 September 2022 | 17:00 WIB
Sosialisasi Penggunaan Google Maps oleh Tim Kukerta UNRI di Desa Sari Galuh (Dok.klikanggaran.com/NFK)
Sosialisasi Penggunaan Google Maps oleh Tim Kukerta UNRI di Desa Sari Galuh (Dok.klikanggaran.com/NFK)

KLIKANGGARAN - Sobat Klik tahu Google Maps, kan? Fitur berupa peta online yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian.

Aplikasi Google Maps pada smartphone diciptakan bukan hanya untuk kalangan tertentu. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkannya. Dalam kegiatan sehari-hari, pengguna smartphone android sering menggunakan aplikasi ini untuk navigasi. Layanan ini dikenal oleh masyarakat mulai dari usia di tingkat sekolah dasar hingga orang dewasa yang telah bekerja.

Hampir semua smartphone, aplikasi transportasi online, dan seluruh perangkat GPS menggunakan Google Maps sebagai pendukung utamanya. Layanan ini semakin populer beberapa tahun belakangan karena memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk bepergian, tapi bisa juga untuk mendukung bisnis.

Baca Juga: Nama Ibu Kota Kazahtan Nur-Sultan Akan Diganti kembali Menjadi Astana

Melalui fitur Google Maps, pengguna dapat menampilkan informasi-informasi penting mengenai bisnis. Seperti nama, alamat, titik koordinat lokasi di peta, foto produk, nomor kontak, jam buka toko, penilaian penjualan, dan testimoni dari pelanggan. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan juga oleh pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan usahanya.

Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan hal berbeda. Ternyata, masih ada masyarakat yang belum memanfaatkan layanan ini. Salah satu contoh di Desa Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Hal ini diketahui saat sejumlah mahasiswa dari Universitas Riau (UNRI) datang ke Desa Sari Galuh.

Pada hari Selasa, 16 Agustus 2022, Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UNRI melaksakan kegiatan di Desa Sari Galuh. Mereka melakukan sosialisasi dan praktik penggunaan Google Maps kepada para pelaku usaha. Tujuannya adalah untuk mengembangkan UMKM di Desa Sari Galuh.

Baca Juga: Jerman Menyiapkan Dana Talangan Besar-Besaran untuk Perusahaan Energi yang Alami Kekurangan Pasokan Gas

Dalam pelaksanaan sosialisasi diketahui, banyak pelaku usaha di sana tidak memiliki akun untuk aplikasi Google Maps. Sebagai media pemasaran, mereka hanya memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X