• Selasa, 29 November 2022

Asosiasi Mahasiswa Tulungagung Indonesia Launching Startup PRO-JEX, Kolaborasi Bareng UMKM

- Senin, 25 April 2022 | 16:56 WIB
Asosiasi Mahasiswa Tulungagung Indonesia Launching Startup PRO-JEX, Kolaborasi Bareng UMKM (Dok. Istimewa)
Asosiasi Mahasiswa Tulungagung Indonesia Launching Startup PRO-JEX, Kolaborasi Bareng UMKM (Dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN -- Hadirnya beraneka startup di Indonesia kini kian menjamur, trend startup yang awalnya menyasar kalangan millenial, kini meluas ke berbagai generasi seperti gen Z. Banyaknya keuntungan dari pendirian startup membuat banyak orang tergiur untuk terjun di dalamnya. Di samping itu, startup di Indonesia memiliki peran penting bagi penyokong perekonomian Indonesia di era saat ini. Apalagi ditengah masa pandemi, diberbagai sektor ekonomi makin mengandalkannnya untuk memberikan solusi praktis dalam bertransaksi. Salah satunya lewat startup baru yang dilaunching Asosiasi Mahasiswa Tulungagung Indonesia baru-baru ini. Lewat PRO-JEX, dikenal dengan Aktivis AMTI melaunching secara resmi startup baru mereka yang didedikasikan untuk melayani transaksi marketplace lokal di Indonesia. Harapannya pemilik marketplace lokalan bisa berjualan disana, dengan menawarkan berbagai fitur yang dimilikinya.

Ketua Umum AMTI, M. Bagus Taufik Akbar, hadir secara langsung pada acara launching di Ruang Ballroom Barata Entertainment, Sabtu (23/04/2022). Startup PRO-JEX merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Developer Projex Putra Karya Daerah, peresmian ditandai secara simbolis dengan pemotongan tumpeng. Startup merupakan perusahaan yang memberikan jawaban dari permasalahan di dalam masyarakat dengan solusi yang menghasilkan profit bernilai ekonomis.

Turut hadir dalam launching, tim developer yang terdiri dari PROJEX Pusat dan perwakilan mahasiswa Tulungagung dari seluruh Indonesia. Tim yang melibatkan praktisi lintas bidang ini terdiri dari CEO Pusat Anggun Permatasari SE bersama 3 rekan lainnya yakni M. Iqbal Habibi selaku CTO, Yuli Aulia W selaku CMO serta Fikri Imanullah sebagai Co Founder Branch Tulungagung. Selain itu juga menggandeng mahasiswa terdiri atas mahasiswa UB Malang, UGM Yogyakarta, Unesa Surabaya, Trisakti Jakarta.

Baca Juga: Catatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022: Ubah Hari Menjadi Gerakan

Co Founder PRO-JEX Tulungagung Fikri Imanullah SE menyebutkan bahwa program Startup ini akan terus berkembang dan familiar dimasyarakat. “Dinamakan pasar karena apa yang jadi startup (dunia pasar) adalah produk lokal yang online,” ujarnya. Tujuannya adalah membangun sinergitas dengan dunia industri dan dunia usaha untuk menumbuhkan startup-stratup baru, tambah Fikri .

Selama ini menurut Fikri, marketplace baru lahir tanpa keunggulan tertentu. Kebanyakan mereka lahir hanya berani jualan tanpa sesuatu yang baru. Padahal Tulungagung ini kota cantik dan potensial untuk marketplace. “Saat ini ada sekitar 60.000 pedagang online member di Tulungagung yang digarap oleh marketplace lain,” ujarnya. Melalui pasar ini kita garap karena ada kelemahan marketplace lain, salah satunya potongan yang terlalu tinggi, hingga pasar ini tidak menjanjikan, tambah Fikri.

Sementara itu Ketua Umum AMTI, M. Bagus Taufik Akbar, saat memberikan sambutan mengungkapkan, imbas dari disruption informasi saat ini membuat perubahan inovasi yang begitu dahsyat. Karena itu, disrupting development dengan membuat komunitas berbasis IT, semacam konsorsium akan lebih bermanfaat saat ini. “Pengelolaan secara sistemik sangat diperlukan, termasuk inovasi produk–produk yang harus juga dikembangkan,” pungkasnya.

 

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X