Waspada! 250 Ekor Ternak Positif Idap PMK, Distan Lutra dan Tim Medik Veteriner Masifkan Vaksinasi

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:35 WIB
Pendataan Kasus PMK di Kecamatan Sukamaju, Selasa (23/8/2022) (Dok. Istimewa)
Pendataan Kasus PMK di Kecamatan Sukamaju, Selasa (23/8/2022) (Dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN -- Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan babi, kini tengah mewabah di Indonesia, tak terkecuali di Luwu Utara (Lutra).

PMK tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular. Penyebarannya tergolong sangat cepat, sehingga langkah antisipasi mesti dilakukan.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Lutra melalui Sub Koordinator Kesehatan Hewan, Is Suryanti, S.Pt., mengungkapkan, saat ini sudah ada 250 ekor hewan ternak di Lutra mengidap PMK.

Baca Juga: YouTube Melakukan pelabelan dan Sensor di Ukraina, Kata Slide yang Bocor di Media Sosial

“Upadate data PMK kita per tanggal 23 Agustus 2022 kemarin itu sudah mencapai 250 ekor yang terinfeksi PMK,” ungkap Suryanti, Selasa (23/8/2022), saat melakukan pendataan PMK di Kecamatan Sukamaju bersama TNI, Polri dan Camat Sukamaju.

Suryanti mengatakan bahwa penularan PMK ini sangat cepat, sehingga pihaknya mesti segera melakukan langkah antisipasi secara terpadu dengan melibatkan semua pihak terkait agar PMK tidak menyebar secara masif di Luwu Utara.

“Penyakit PMK pada hewan ternak ini sangat cepat penularannya. Awal pelaporan itu hanya ada 4 kasus per tanggal 18 Agustus 2022. Nah, hari Selasa kemarin tanggal 23 Agustus 2022, itu sudah mencapai 250 kasus,” beber Suryanti.

Baca Juga: Betulkah Squad yang Disebut Vera, Pacar Brigadir J adalah Kuat Ma'ruf?

Ia menyebutkan data 250 kasus PMK ini berasal dari pelaporan yang masuk ke Dinas Pertanian, kemudian Tim Medik Veteriner turun langsung mengambil sampel. Dan sampel itu, kata dia, dikirim ke Balai Besar Veteriner Maros untuk diuji lab.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X