• Selasa, 27 September 2022

Inilah Sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa, Trending di Twitter karena Jadi Titik Tolak Daftar PKB dan Gerindra

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:14 WIB
Masjid Agung Sunda Kelapa (masjid-sundakelapa.id)
Masjid Agung Sunda Kelapa (masjid-sundakelapa.id)

 

KLIKANGGARAN -- Masjid Agung Sunda Kelapa kini jadi sorotan dan trending di Twitter usai dijadikan titik tolak pendaftaran bersama PKB dan Gerindra pada Senin, 8 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui, pada hari ini PKB dan Gerindra yang diponggawai oleh Cak Imin dan Prabowo Subianto menjadikan Masjid Agung Sunda Kelapa sebagai titik tolak sebelum mendaftar ke KPU.

Lalu bagaimana sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa yang dijadikan titik tolak oleh Cak Imin dan Prabowo Subianto untuk mendaftar ke KPU?

Baca Juga: PKB dan Gerindra Daftar Bareng ke KPU, Alasan Prabowo dan Cak Imin Pilih Masjid Sunda Kelapa jadi Titik Tolak?

Dikutip dari Wikipedia, Masjid ini dibangun atas prakarsa Ir. Gustaf Abbas pada tahun 1960-an, desain interior dan eksterior masjid ini dipenuhi simbol-simbol fleksibel, tidak kaku dengan simbol Timur Tengah yang kerap menjadi harga mati untuk arsitektur masjid.

Ir. Gustaf Abbas adalah arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung, yang mematahkan arsitektur masjid di tanah air pada umumnya.

Salah satu keunikannya adaah, Masjid Agung Sunda Kelapa tak memiliki kubah, bedug, bintang-bulan, dan sederet simbol yang biasa terdapat dalam sebuah masjid.

Baca Juga: Inilah Profil Riesca Rose Trending di Twitter karena Blok Nathalie Holscer, Benarkah Selingkuhan Sule?

Yang ikonik adalah bentuk bangunannya yang mirip perahu, sebagai simbol pelabuhan Sunda Kelapa tempat saudagar muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam pada masa lalu.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X