• Senin, 15 Agustus 2022

Lawatan Sejarah Daerah Ajang Siswa Kritis Sejarah

Insan Purnama
- Minggu, 29 Mei 2022 | 19:08 WIB
Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia) DIY menggelar Seleksi Lawatan Sejarah Tingkat Daerah (dok. Klikanggaran)
Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia) DIY menggelar Seleksi Lawatan Sejarah Tingkat Daerah (dok. Klikanggaran)

KLIKANGGARAN -- Minggu, 29 Mei sampai dengan Selasa, 31 Mei 2022 di Hotel Cavinton Yogyakarta, Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia) DIY menggelar Seleksi Lawatan Sejarah Tingkat Daerah yang pesertanya terdiri dari siswa SMA/SMK/MA se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara dibuka secara resmi oleh Dian Lakshmi Pratiwi, SS., MA. selaku kepala dinas kebudayaan DIY.

Untuk Seleksi Lawatan Sejarah Daerah kali ini, mengambil tema “Merajut Akulturasi Lintas Etnis dan Menelusuri Jalur Maritim Mataram Islam”.

Tema yang dikembangkan panitia Seleksi Lawatan Sejarah Daerah ini sebenarnya merujuk pada tema Lawatan Sejarah Regional yakni “Merajut Akulturasi Lintas Etnis dan Menelusuri Jalur Maritim Pesisir Jawa Timur”.

Baca Juga: Foto Terkini di Swiss, Ridwan Kamil Tampak Pantau Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss

Dalam sambutannya Dian Lakshmi Pratiwi, selaku kepala dinas mengatakan bahwa kajian historis mengenai sisi maritim Mataram Islam ini telah menjadi fokus Dinas Kebudayaan sejak tahun 2021. Kajian tersebut selaras dengan visi Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja.

Dari visi itulah dinas Kebudayaan mengadabtasi dan kemudian berusaha menyajikan dengan kajian maritim Mataram. Harapannya setelah mengetahui sejarah maritim Mataram tersebut, siswa menjadi lebih kritis terhadap sejarah dan dapat dijadikan bekal dan pedoman untuk membangun kehidupan yang lebih baik, tandas kepala dinas.

Sementara itu Drs. I Gede Adi Atmaja selaku Kasi Sejarah Disbud DIY dalam sambutannya menjelaskan bahwa, dalam seleksi lawatan sejarah tingkat daerah ini diikuti peserta sebanyak 90 siswa dan nanti diakhir kegiatan akan diseleksi melalui penilaian naskah penelitian sejarah siswa dan presentasinya sehingga akan muncul 15 siswa yang akan berhak mengikuti Lawatan Sejarah Tingkat Regional yang akan diadakan di Jawa Timur bulan depan, pungkas Gede.

Baca Juga: Pada Peringatan HLUN 2022 Mensos Risma Ungkap Tasikmalaya Sebagai Tempat Lansia Tunggal Terbanyak di Indonesia

Untuk memperkaya materi yang akan diperoleh peserta seleksi lawatan, sengaja panitia menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya yakni Ernawati Purwaningsih yang membahas tentang Akulturasi Etnis di Jawa, Bahauddin yang akan mengkaji tentang Perkembangan Budaya Maritim di Jawa.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gugatan Presidential Threshold Serba Dilema

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:53 WIB

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB
X