• Kamis, 29 September 2022

Interpol: Senjata yang Dikirim Barat ke Ukraina Bisa Jatuh ke Tangan Penjahat

- Jumat, 3 Juni 2022 | 16:54 WIB
Gambar hanya ilustrasi (Pixabay/MasterTux )
Gambar hanya ilustrasi (Pixabay/MasterTux )

KLIKANGGARAN -- Persenjataan Amerika Serikat dan Sekutunya yang dikirim ke Ukraina kemungkinan akan berakhir di pasar gelap global, kata Sekretaris Jenderal Interpol, Juergen Stock, pada hari Rabu, lansir RT.com.

Berbagai kelompok kriminal di Ukraina telah mengincar senjata-senjata ini, kata pejabat itu kepada Anglo-American Press Association di Paris.

Stock telah mendesak negara-negara anggota Interpol untuk secara aktif bekerja sama dalam melacak senjata yang dikirim ke Ukraina, dan menambahkan bahwa mereka yang memasok senjata harus memainkan peran utama dalam upaya ini.

Kepala Interpol juga mengatakan dia mengharapkan senjata ringan dan senjata berat yang membanjiri pasar gelap internasional segera terlacak setelah konflik antara Moskow dan Kiev berakhir.

Baca Juga: Inilah Profil Greysia Polii yang Telah Resmi Umumkan Gantung Raket, Bukan Pebulutangkis Biasa!

“Begitu senjata diam, senjata ilegal akan datang. Kita mengetahui hal ini dari banyak teater konflik lainnya.

Para penjahat bahkan sekarang, seperti yang kita bicarakan, berfokus pada mereka,” katanya, seraya menambahkan bahwa kelompok-kelompok kriminal akan mencoba “mengeksploitasi situasi kacau ini” untuk mendapatkan persenjataan “yang digunakan oleh militer dan termasuk senjata berat.”

“Tidak ada negara atau wilayah yang dapat menanganinya secara terpisah karena kelompok-kelompok ini beroperasi di tingkat global,” Stock memperingatkan.

Kepala Interpol juga mengatakan bahwa Eropa mungkin melihat gelombang besar senjata ilegal.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Iran: Tak Ada Perbedaan era Trump dan Biden

Minggu, 18 September 2022 | 10:36 WIB
X