Bersama SFITAL, Pemda Lutra Gelar Diskusi Terpumpun, Bahas Peta Jalan Kakao Berkelanjutan

- Senin, 30 Mei 2022 | 19:33 WIB
Bersama SFITAL, Pemda Lutra Gelar Diskusi Terpumpun, Bahas Peta Jalan Kakao Berkelanjutan  (dok. Klikanggaran)
Bersama SFITAL, Pemda Lutra Gelar Diskusi Terpumpun, Bahas Peta Jalan Kakao Berkelanjutan (dok. Klikanggaran)

KLIKANGGARAN---- Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Perangkat Daerah teknis bekerja sama dengan ICRAF Indonesia yang berkolaborasi dengan MARS, Incorporated dan Rainforest Alliance-UTZ sebagai mitra kunci, saat ini tengah menyusun sebuah langkah besar dalam rangka mengembalikan kejayaan kakao di Kabupaten Luwu Utara.

Sinergi dan kolaborasi tersebut menghasilan beberapa kesepakatan di antaranya bagaimana mendukung proses penyusunan Roadmap atau Peta Jalan Kakao Lestari dan Skenario Komoditas Kakao Berkelanjutan berbasis aspirasi multipihak di Kabupaten Luwu Utara. Langkah ini diyakini mampu mengembalikan kejayaan komoditas kakao di Luwu Utara.

Kegiatan ini adalah bagian dari program riset-aksi Sistem Pertanian Berkelanjutan di Lanskap Tropis Asia atau Sustainable Farming System in Asian Tropical Landscapes (SFITAL). Dalam konteks pembangunan berbasis komoditas, Luwu Utara bersama SFITAL memfasilitasi daerah dalam mengintegrasikan berbagai strategi dan program pembangunan kakao.

Baca Juga: KABAR GEMBIRA, Presiden Jokowi sebut Kondisi Pandemi COVID-19 Melandai, Aktivitas Masyarakat kembali Normal

Strategi dan program ini disusun di Perangkat Daerah teknis ke dalam suatu rumusan peta jalan (roadmap) pengembangan kakao berkelanjutan berdasarkan aspirasi para pihak di Luwu Utara. Dukungan, Inisiatif, dan komitmen yang kuat sangat penting dalam program ini, dan tentunya berdasarkan posisi dan peran masing-masing dari para pihak yang terlibat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Ir. H. Armiadi, M.Si., mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun antara Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dan ICRAF Indonesia yang berkolaborasi dengan MARS, Incorporated dan Rainforest Alliance-UTZ sebagai mitra kunci pada kegiatan SFITAL.

“Apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan menyampaikan komitmennya untuk terus terlibat dalam pengembangan penyusunan peta jalan dan skenario kakao lestari,” kata Armiadi saat membuka Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) Peta Jalan dan Skenario Komoditas Kakao Berkelanjutan, Senin (30/5/2022), di Ruang Command Center Kantor Bupati.

Baca Juga: Jeritan Hati Atalia Praratya untuk Pencarian Eril di Hari Ke-4

Armiadi yang hadir mewakili Bupati berharap, pembelajaran, monitoring dan evaluasi harus terus dilakukan untuk meningkatkan, melancarkan dan mempercepat proses kesepakatan intervensi dan penyusunan aktivitas peta jalan kakao lestari di Kabupaten Luwu Utara.

“Perlu bekerjasama dalam pengembangan Penyusunan Peta Jalan dan Skenario Komoditas Kakao Berkelanjutan melalui Diskusi Kelompok Terpumpun dan mengundang berbagai pihak yang terlibat. Hal ini kita lakukan agar seluruh pihak berkesempatan untuk urun pemikiran dan pendapat secara aktif dan terbuka,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X