• Minggu, 26 Juni 2022

Mengerikan, Nih, Sepertiga Negara Uni Eropa Mengalami Inflasi Dua Digit

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:05 WIB
Ilustrasi (Pixabay/viarami)
Ilustrasi (Pixabay/viarami)

KLIKANGGARAN -- Pertumbuhan harga konsumen telah mencapai dua digit setidaknya di sepertiga negara-negara Uni Eropa, dengan lonjakan paling parah terlihat di kawasan Baltik, Financial Times melaporkan minggu ini, seperti dikutip Russia Today.

Menurut surat kabar tersebut, sembilan anggota blok Uni Eropa telah mengalami inflasi melampaui 10%, dengan peningkatan terbesar diamati di Estonia, di mana harga konsumen melonjak 19% tahun-ke-tahun.

Negara lain yang terkena dampak buruk adalah Lituania dengan inflasi 16,8%, Bulgaria 14,4%, Republik Ceko 14,2%, serta Rumania (13,8%), Latvia (13%), Polandia (2,4%) dan Slovakia (11,7%). Publikasi itu menambahkan bahwa Turki, yang telah berstatus calon Uni Eropa sejak 1999, memiliki tingkat inflasi 70% karena runtuhnya mata uang nasional.

Baca Juga: Hasil Semifinal Sea Games 2021, Tunggal Putri dan Ganda Campuran Rontok, Indonesia Hanya Raih Medali Perunggu

Juga, laporan media baru-baru ini mengutip Otoritas Statistik Hellenic (ELSTAT) mengatakan bahwa inflasi di Yunani melonjak dua digit pada bulan April, sebesar 10,2% tahun-ke-tahun.

Pertumbuhan harga di semua negara ini telah dipengaruhi oleh operasi militer Rusia di Ukraina, kata Financial Times, dengan inflasi yang sebanding dengan ketergantungan energi masing-masing negara pada Rusia. Sanksi terhadap tindakan balasan Rusia dan Moskow telah menaikkan harga bahan bakar fosil secara global.

Mengutip data Eurostat untuk tahun 2020, Financial Times mengatakan bahwa hampir semua impor energi Lituania berasal dari Rusia, sementara di Slovakia dan Yunani, pangsa pasokan energi Rusia hampir 50%. Bulan lalu, Lituania menjadi negara Uni Eropa pertama yang membatalkan impor gas Rusia, dan pada 22 Mei negara itu bermaksud untuk berhenti mengimpor listrik dari Rusia.

Baca Juga: Indonesia Pastikan Medali Emas dan Perak Ganda Putra Sea Games 2021, terjadi All Indonesia Final Ganda Putra

Menurut Eurostat, harga energi menyumbang hampir setengah dari rekor tingkat inflasi UE sebesar 8,1% bulan lalu. Tahun sebelumnya, inflasi di blok itu hanya 2%.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X