• Rabu, 5 Oktober 2022

Presiden Ukraina Serukan Uni Eropa Ambil Keputusan Mendesak tentang Status Keanggotaan Ukraina di UE

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 19:31 WIB
Ilustrasi: bendera Ukraina (Pixabay/jorono)
Ilustrasi: bendera Ukraina (Pixabay/jorono)

KLIKANGGARAN--Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menyerukan keputusan mendesak tentang keanggotaan Uni Eropa (UE) untuk negaranya, dengan mengatakan "momen penting telah tiba."

Pada Sabtu pagi, hari ketiga serangan Rusia di Ukraina, Zelensky mengatakan dia telah membahas "bantuan lebih lanjut yang efektif dan perjuangan heroik Ukraina untuk masa depan bebas mereka" dengan presiden Dewan Eropa, Charles Michel.

"Momen penting telah datang untuk menutup diskusi lama sekali dan untuk semua dan untuk membuat keputusan tentang keanggotaan Ukraina di UE," cuit presiden Ukraina itu.

Michel memposting ulang pesan Zelensky, dengan mengatakan, “Ukraina dan rakyatnya adalah keluarga. Dukungan konkret lebih lanjut sedang dalam perjalanan.” Namun, kepala Dewan UE tidak menanggapi seruan untuk menjadi anggota UE.

Baca Juga: Mantan Presiden Rusia Usulkan Menasionalisasi Aset Orang Asing

Diskusi tentang keanggotaan UE untuk Ukraina telah berlangsung selama beberapa tahun tanpa hasil yang konkrit. Pada 23 Februari, Polandia dan Lithuania menandatangani deklarasi yang mengatakan bahwa Ukraina harus diberikan status calon anggota UE.

Zelensky juga berulang kali meminta kejelasan mengenai prospek Ukraina untuk menjadi anggota NATO. Kemungkinan Ukraina bergabung dengan NATO di masa depan adalah salah satu alasan di balik keputusan Rusia untuk melancarkan aksi militer.

Serangan dimulai pada 24 Februari dengan tujuan yang dinyatakan untuk "demiliterisasi" Ukraina, melindungi Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, dan memastikan bahwa Rusia tidak ditempatkan di bawah ancaman NATO dari wilayah Ukraina.

Baca Juga: Inilah Foto Baby A, Putri Mungil dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Iran: Tak Ada Perbedaan era Trump dan Biden

Minggu, 18 September 2022 | 10:36 WIB
X