• Sabtu, 25 Juni 2022

Perayaan Waisak 2022, Inilah Makna Air Berkah Umbul Jumprit bagi Umat Buddha !!

- Senin, 16 Mei 2022 | 08:13 WIB
Para Bikkhu mengambil air berkah di Umbul Jumprit, di lereng gunung Sindoro, Temanggung Jawa Tengah sebagai bagian dari prosesi perayaan Waisak 2022. (kemenag.go.id)
Para Bikkhu mengambil air berkah di Umbul Jumprit, di lereng gunung Sindoro, Temanggung Jawa Tengah sebagai bagian dari prosesi perayaan Waisak 2022. (kemenag.go.id)

KLIKANGGARANUmat Buddha di Indonesia hari ini, Senin (16/5/2022) merayakan Waisak 2022 atau Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhis di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Rangkaian prosesi perayaan Waisak 2022 diawali dengan prosesi mengambil air berkah di Umbul Jumprit, yang berada di lereng gunung Sindoro, Desa Jumprit, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah oleh para Bikkhu, Minggu (15/5/2022).

Air berkah yang diambil para Bikkhu kemudian dimasukkan ke dalam kendil berhias bunga melati dengan gayung dari batok kelapa.

Baca Juga: Inilah Rahasia Kemenangan Timnas U-23 Indonesia saat Lawan Myanmar dan Lolos ke Semifinal Sea Games 2021 !!

Mengapa di Sendang Umbul Jumprit?

Prosesi ritual mengambil air berkah diikuti oleh delapan majelis Buddha yang ada di Indonesia.

Kedelapan majelis Buddha tersebut adalah yakni Majelis Theravada Indonesia, Sangha Theravada Dharmayut Indonesia, Sangha Mahayana, Sangha Tantrayana Palpung, Sangha Mahanikaya Indonesia, Majelis Kasogatan dan Madatantri, Majelis Agama Buddha Guangji Indonesia dan Majelis Matresia.

Sendang Umbul Jumprit dipilih sebagai tempat mengambil air berkah karena sudah ada sejak Majapahit dan dijadikan tempat bertapa para rohoniawan Buddha dan Hindu.

Baca Juga: Mengapa Pasangan Muhammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo Kalah di Final Piala Thomas, padahal Sudah Unggul ?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X