• Senin, 8 Agustus 2022

Kasus Pungli Pendaftaran Tanah, Kades Suko Ditahan Pihak Kejaksaan

- Senin, 31 Januari 2022 | 21:42 WIB
Kades Suko saat akan dilakukan penahanan  (ngopibareng/aini)
Kades Suko saat akan dilakukan penahanan (ngopibareng/aini)

KLIKANGGARAN-- Terkait dugaan kasus pungli, Kepala Desa (Kades) Suko, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo resmi ditahan oleh Kejari Sidoarjo, pada Senin, 31 Januari 2022.

Penahanan Kades Suko, Rokhayani tersebut terkait kasus pungli Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ditangani oleh pihak kejaksaan. Puncaknya, pada 13 Januari 2022 Kades Suko tersebut ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Kejaksaan.

Kejari Sidoarjo melalui Kasi Intel, Aditya Rakatama mengatakan, penahanan Kades Suko tersebut akan dilakukan untuk 20 hari kedepan.

"Tersangka ditahan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Surabaya setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo," ujar Aditya kepada wartawan perihal penahan Kades Suko, Rokhayani seperti dilansir dari pemberitaan ngopibareng.id.

Baca Juga: Resmi, Edi Mulyadi Jadi Tersangka dan Ditahan, Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Lanjut Aditya, Rokhayani ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Sidoarjo pada 13 Januari 2022. Namun tersangka mangkir pada saat pemanggilan pertama pada 24 Januari 2022.

"Nah hari ini tim penyidik melakukan penahanan karena tidak ada pertimbangan untuk tidak menahan tersangka. Karena ancaman hukuman yang disangkakan lebih dari lima tahun," ungkapnya.

Dari kasus tersebut, uang sebesar Rp149.800.000, serta sejumlah dokumen terkait pungli PTSL di desa Suko telah disita petugas penyidik Kejari Sidoarjo.

Aditya menambahkan, sementara ini, pihaknya hanya menahan kadesnya saja. Penyidik Kejari Sidoarjo masih memeriksa pengembangan adanya keterlibatan tersangka lain dalam kasus ini.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Ngopibareng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X