• Minggu, 22 Mei 2022

Budi Dalton Kutuk dan Kritik Keras Arteria Dahlan Terkait Bahasa Sunda: Jangan-jangan, By Order!

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:15 WIB
Budi Dalton (IG @artgram)
Budi Dalton (IG @artgram)

 

KLIKANGGARAN -- Salah satu aktor dan budayawan asal Sunda, Budi Dalton, mengutuk keras sikap Arteria Dahlan yang dinilai rasis.

Dalam sebuah video yang viral di facebook dan tersebar di aplikasi WhatsApp, Budi Dalton mengungkapkan kekecewaannya terhadap Arteria Dahlan yang meminta Kejati untuk diganti karena sempat menggunakan bahasa Sunda ketika rapat kerja dengan DPR.

"Percumah euy, rakyat menggembor-gemborkan toleransi, lalu persatuan, wakil rakyatna ge rasis kitu. Lagipula di dalam rapat tuh juga banyak yang memakai istilah dalam bahasa Inggris atau bahasa daerah lainnya. Tentunya tidak keseluruhan rapat itu berbahasa Sunda. Tapi pada saat idiom Sunda ini muncul, kenapa musti dikritik kalau yang berbahasa lain tidak? KOPLOK SIAMAH!" tegas Budi Dalton dikutip Klikanggaran.com dari video yang diunggah oleh akun FB Sundanisme.

Budi Dalton mencurigai adanya 'by order' karena Arteria minta ganti Kejati hanya karena masalah bahasa Sunda tersebut.

Baca Juga: Putri Tanjung Pernah Kurung Diri Gara-gara Rugi 800 juta dan Kini Sukses, Siapakah Dia? Berikut Profilnya

"Lagipula kalau kritik tidak apa-apa, tapi ini minta diganti katanya. Jangan-jangan inimah by order, BY ORDER!" ujarnya.

Terakhir Budi Dalton mengingatkan Arteria bahwa dirinya adalah wakil rakyat.

"Jangan lupa anda itu wakil rakyat, WAKIL RAKYAT! TAH RAKYATNAMAH AING ANJIR!!! heueuh. KOPLOK SIAH!" pungkas Budi Dalton.

Belakangan potongan video Arteria mengkritik Kejati yang menggunakan bahasa Sunda ketika raker DPR viral dan menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X