• Minggu, 22 Mei 2022

Dampak Letusan Besar Tonga, Jepang Dihantam Gelombang Setinggi Satu Meter, Puluhan Kapal Tenggelam

- Minggu, 16 Januari 2022 | 17:54 WIB
Tsunami menghantam pulau terbesar Tonga, Tongatapu, setelah gunung berapi bawah laut di Pasifik Selatan meletus. (Mitranews.net)
Tsunami menghantam pulau terbesar Tonga, Tongatapu, setelah gunung berapi bawah laut di Pasifik Selatan meletus. (Mitranews.net)

KLIKANGGARANPantai Pasifik Jepang dihantam gelombang setinggi satu meter pada Minggu pagi (16/1/2022) menyusul letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga besar-besaran di Pasifik Selatan sehari sebelumnya.

Hampir 230.000 penduduk di Jepang diperintahkan untuk pindah ke tempat tinggi karena ancaman tsunami.

Badan Meteorologi setempat seperti dilaporkan japantimes, pada Minggu pagi telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Prefektur timur laut Iwate dan Pulau Barat Daya Amami dan Tokara di Prefektur Kagoshima. Gelombang laut di wilayah-wilayah tersebut diprediksi mencapai setinggi 3 meter.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang mengatakan pada pukul 07:30 Minggu pagi, perintah evakuasi diberlakukan untuk 229.200 orang yang tinggal di 108.700 rumah tangga di delapan prefektur: Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Tokushima, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima. Peringatan itu mencakup beberapa daerah yang terkena tsunami Maret 2011 yang mematikan.

Baca Juga: Serial Layangan Putus Segera Tamat, 'Akhirnya Layangan pun Putus'

Baca Juga: Layangan Putus Episode 10, Episode Akhir: Aris Bersikeras untuk Poligami, Bagaimana Sikap Kinan dan Lidya?

Akibat gelombang tinggi tersebut, dua puluh dua perahu terbalik, tenggelam, atau hanyut di Prefektur Kochi, sementara lima terbalik di Prefektur Tokushima dan satu di Prefektur Mie. Japan Airlines juga membatalkan 27 penerbangan di bandara di seluruh negeri.

Karena peringatan adanya Tsunami, ujian masuk universitas terpadu juga dibatalkan di sebuah tempat di kota Miyako di Iwate, dan waktu mulai tertunda lebih dari satu jam di sebuah tempat di Sendai dan satu di Togane, Prefektur Chiba.

Baca Juga: Transaksi NFT Makin Populer, Kominfo Awasi Kegiatan Transaksi NFT di Indonesia, Apa Alasannya?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Japan Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB

Uni Eropa Mengusulkan Embargo Minyak Rusia

Rabu, 4 Mei 2022 | 21:29 WIB
X