• Selasa, 24 Mei 2022

Transaksi NFT Makin Populer, Kominfo Awasi Kegiatan Transaksi NFT di Indonesia, Apa Alasannya?

- Minggu, 16 Januari 2022 | 14:14 WIB
Dedy Permadi, Juru Bicara Kominfo (InfoPublik.id)
Dedy Permadi, Juru Bicara Kominfo (InfoPublik.id)

KLIKANGGARANKementerian Kominfo akan mengawasi kegiatan transaksi Non-Fungible Token (NFT) yang berjalan di Indonesia.

Dalam melakukan pengawasan terhadap transaksi NFT, Kementerian Kominfo akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan (Bappebti) selaku Lembaga berwenang dalam tata kelola perdagangan aset kripto.

Dalam siaran pers yang dikelurkan Minggu (16/1/2022) Kementerian Kominfo menyatakan, pengawasan dilakukan sebagai respon atas makin populernya transaksi NFT di Indonesia.

Kementerian Kominfo mengingatkan para platform transaksi NFT untuk tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Layangan Putus Episode 10, Episode Akhir: Aris Bersikeras untuk Poligami, Bagaimana Sikap Kinan dan Lidya?

Baca Juga: Serial Layangan Putus Segera Tamat, 'Akhirnya Layangan pun Putus'

UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta perubahannya dan peraturan pelaksananya, mewajibkan seluruh PSE untuk memastikan platformnya tidak digunakan untuk tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan

“Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan para platfom transaksi NFT untuk memastikan platformnya tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan, baik berupa pelanggaran ketentuan pelindungan data pribadi, hingga pelanggaran hak kekayaan intelektual,”tulis Kementerian Kominfo dalam siaran persnya.

Pelanggaran terhadap kewajiban yang ada dapat dikenakan sanksi administratif termasuk di antaranya pemutusan akses platform bagi pengguna dari Indonesia.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Pengantar Kerja Dalam Program SIAPkerja

Minggu, 22 Mei 2022 | 13:04 WIB
X