• Selasa, 24 Mei 2022

Gelombang Tsunami dari Tonga Tiba di California

- Minggu, 16 Januari 2022 | 06:52 WIB
Banjir terjadi di Santa Cruz, California, akibat tsunami dari letusan gunung berapi Tonga. (Twitter/@PMBreakingNews)
Banjir terjadi di Santa Cruz, California, akibat tsunami dari letusan gunung berapi Tonga. (Twitter/@PMBreakingNews)

KLIKANGGARAN--Peringatan tsunami diberlakukan untuk Pantai Barat AS, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu, setelah sebuah gunung berapi meletus di Pasifik Selatan dekat pulau Tonga. Video-video tentang banjir berikutnya telah diposting di media sosial.

“Tsunami sedang terjadi,” Layanan Cuaca Nasional AS mengumumkan, setelah gelombang pasang menghantam Tonga, dikutip RT.com.

Sebab kekhawatiran akan terjadinya tsunami, para pejabat di California mengatakan kepada mereka yang berada di dekat daerah pantai untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi, meskipun mereka mengatakan gelombang diperkirakan tidak mencapai lebih dari dua kaki.

Agar waspada terhadap tsunami, penduduk diperingatkan bahwa "denyut air yang bergelombang" bisa sama berbahayanya dengan gelombang tinggi.

Helikopter dikerahkan untuk mengumumkan kondisi cuaca yang akan datang kepada pengunjung pantai dan penduduk lainnya di Orange County.

Baca Juga: Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami setelah Letusan Besar Gunung Berapi

Meskipun tidak ada kerusakan besar di AS yang biasanya ditimbulkan oleh tsunami, rekaman yang diposting online menunjukkan banjir di Santa Cruz dan Sacramento, dan dampaknya terhadap bisnis tepi pantai.

Peringatan tsunami AS dikeluarkan tidak hanya untuk seluruh pantai California, tetapi juga sebagian Alaska, Hawaii, dan Washington.

Video yang dibagikan oleh pengguna media sosial di berbagai negara bagian, termasuk Oregon, menunjukkan pasang naik.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X