• Kamis, 27 Januari 2022

Jaringan Sudah Terpasang di Lokasi Bencana Semeru, Akses Internet di Lokasi Bencana Telah Pulih

- Rabu, 8 Desember 2021 | 22:07 WIB
Menkominfo Johnny G.Plate  (InfoPublik.id)
Menkominfo Johnny G.Plate (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN – Persoalan jaringan internet di Lumajang Jawa Timur yang mengalami kendala setelah erupsi gunung Semeru  kini sudah teratasi.

Stasiun penerima sinyal satelit Very Small Aperture Terminal (VSAT) sudah sampai di Lumajang dan telah dipasang oleh Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kominfo. Dengan terpasangnya VSAT, maka akses internset di lokasi bencana Semeru telah pulih.

“Saya dapat informasi, VSAT-nya sudah sampai, sudah di-install dan akses internet sudah bisa berfungsi dengan baik disana,” ujar Menkominfo Johny G.Plate di Jakarta pada Rabu 8 Desember malam menginformasikan jika akses internet di lokas bencana Semeru telah pulih.

Baca Juga: Lagi, Artis Terjerat Narkoba, Kali Ini Artis Sinetron Berinisial JS

Menkominfo menambahkan, Bakti Kominfo sudah melakukan pemasangan dan pengoperasian VSAT di empat posko bencana di Lumajang, dengan akses internet yang dihubungkan dengan satelit.

Akses internet melalui stasiun penerima satelit tersebut bisa diakses oleh petugas, relawan, dan masyarakat secara gratis untuk keperluan penanganan bencana.

“Akses internet Bakti Kominfo itu kan gratis,” tutur Menteri Johnny.

Baca Juga: Gibran Minta ASN Tidak Usah Liburan dan Mudik Selama Libur Nataru, Tunggu Semua Reda

Menkominfo juga megatakan, saat ini sudah lima menara base tranceiver station (BTS) yang sudah bisa beroperasi kembali, dari tujuh BTS yang rusak terdampak erupsi Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X