• Minggu, 14 Agustus 2022

Asosiasi Medis Dunia Suarakan Kekhawatiran Virus Baru yang Menular seperti Delta dan Mematikan seperti Ebola

- Minggu, 28 November 2021 | 08:16 WIB
Logo World Medical Association (Wikipedia)
Logo World Medical Association (Wikipedia)

KLIKANGGARAN--Mutasi lebih lanjut dari virus Covid-19 dapat menelurkan jenis virus baru yang menular seperti Delta dan mematikan seperti Ebola. Itulah peringatan keras dari Asosiasi Medis Dunia (World Medical Association= WMA).

Frank Ulrich Montgomery, ketua masyarakat dokter global Asosiasi Medis Dunia (WMA), berbagi ketakutannya tentang virus baru dengan surat kabar kelompok media Jerman Funke pada hari Sabtu, 27 November 2021, dikutip RT dalam artikel "Covid variant as deadly as Ebola may emerge, top physician warns".

Dia menekankan pentingnya untuk tidak “memberi virus kesempatan” untuk bermutasi lebih jauh. Untuk mencapai ini, mungkin perlu untuk terus “memvaksinasi dunia selama bertahun-tahun” yang akan datang, kata Montgomery.

Virus Ebola, yang efek mengerikannya pada manusia dapat ditandingi oleh jenis covid baru seperti yang diperingatkan oleh ketua WMA, pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di Sudan Selatan dan Republik Demokratik Kongo.

Baca Juga: Inilah Persiapanan dan Strategi Greysia dan Apriyani Hadapi Ganda Putri Jepang di Final Indonesia Open 2021

Wabah paling mematikan hingga saat ini terjadi di Afrika Barat antara 2014 dan 2016, merenggut lebih dari 11.000 nyawa.

Penyakit yang dibawa oleh virus menyebabkan demam parah dan pendarahan internal, dengan tingkat kematian rata-rata sekitar 50%, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Beberapa strain yang diketahui, bagaimanapun, telah menyebabkan kematian pada 90% dari semua kasus yang menakutkan.

Ketika ditanya tentang situasi di tanah airnya, Jerman, Montgomery memperingatkan bahwa jumlah infeksi Covid kemungkinan akan berlipat ganda dalam sepuluh hari mendatang.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X