• Jumat, 22 Oktober 2021

ITB Bikin VitaFlo yang Efektif Cegah Virus Hingga 99 persen, 20 Unit Dihibahkan, Kereen kan?

- Sabtu, 18 September 2021 | 09:40 WIB
PAPR (Powered-Air Purifying Respirator) VitaFlo buatan ITB (jabarprov.go.id)
PAPR (Powered-Air Purifying Respirator) VitaFlo buatan ITB (jabarprov.go.id)

Bandung, klikanggaran.com--Salah satu karya anak bangsa sebagai respons terhadap penyebaran corona virus adalah VitaFlo berbasis PAPR yang dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

VitaFlo buatan ITB ini merupakan alat pelindung diri jenis PAPR (Powered-Air Purifying Respirator) yang mengintegrasikan fungsi beberapa alat kesehatan, yaitu masker, pelindung wajah, dan kacamata pelindung.

ITB telah melakukan pengujian fungsi alat VitaFlo ini. Jadi alat ini sudah melalui beberapa pengujian. Pertama telah dilakukan pengujian di laboratorium di SITH untuk dilihat bagaimana kemampuan alat dalam memfilter bakteri dan virus.

Baca Juga: Dodi Reza Harus Kerja ekstra Keras untuk Rebut Simpati Masyarakat Sumsel

Efektivitas filtrasi bakteri sebesar 99,9 persen untuk ukuran bakteri 0.5-2 um, dan 97 persen untuk partikel <0.1 um (ukuran virus), berdasar pengujian di laboratorium di SITH ITB.

"Hasilnya sangat baik," kata ketua tim penelitinya Dr. Yuli Setyo Indartono.

VitaFlo ini rencananya akan dihibahkan oleh ITB, sebanyak 20 unit untuk tenaga kesehatan atau medis ke beberapa rumah sakit di Indonesia. Hibah ini dilakukan untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

Alat versi kedua ini akan diberikan ke Rumah Sakit di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Kalimantan (masih konfirmasi).

Pengembangan alatnya didukung oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X