• Rabu, 8 Desember 2021

Lembaga Riset Non-Profit AS Membantah Tuduhan Membawa Kerabat Terdekat Virus Covid 19 dari Laos ke Wuhan

- Senin, 22 November 2021 | 06:34 WIB
Virus corona (Pixabay/geralt )
Virus corona (Pixabay/geralt )

KLIKANGGARAN--Sebuah organisasi nirlaba Amerika di belakang penelitian virus kelelawar yang didanai AS di China telah membantah pernah mengirim sampel virus dari Laos ke Wuhan. Laos adalah tempat di mana kerabat alami terdekat SARS-CoV-2 ditemukan.

“Tidak ada pekerjaan yang pernah dilakukan di Laos sebagai bagian dari proyek penelitian kolaboratif ini,” tulis EcoHealth Alliance - sebuah kelompok yang melakukan eksperimen pada virus corona sambil menerima dana dari National Institutes of Health (NIH)- dalam serangkaian tweet pada hari Minggu.

Cuitan tersebut menanggapi laporan media yang menuduh bahwa kelompok itu mungkin telah mengangkut virus yang berpotensi berbahaya dari Laos ke laboratorium di Wuhan, demikian ditulis RT.com dalam artikel "US non-profit responds to claims it brought close relative of Covid-19 virus to Wuhan".

Nama grup itu muncul pada Oktober ketika wakil direktur utama NIH, Lawrence Tabak, mengungkapkan EcoHealth Alliance melakukan percobaan pada virus dengan bantuan keuangan NIH.

Baca Juga: Balap Sepeda Masih Berpotensi Sumbang Medali Emas Untuk Kabupaten PALI di Porprov XIII OKU Raya

Saat itu, Penasihat Medis Gedung Putih Dr. Anthony Fauci menyatakan bahwa virus yang dipelajari sebagai bagian dari proyek “cukup jauh secara molekuler sehingga apa pun yang Anda lakukan terhadapnya, mereka tidak akan pernah bisa menjadi SARS-CoV-2.”

EcoHealth telah mendapat sorotan baru setelah emailnya, yang diperoleh melalui permintaan Kebebasan Informasi, tampaknya menunjukkan bahwa kelompok tersebut sedang mendiskusikan prospek pengumpulan sampel virus dari kelelawar di Laos dan mengirimkannya ke Institut Virologi Wuhan.

Email tersebut awalnya diperoleh oleh White Coat Waste Project dan memicu banyak laporan selama akhir pekan, termasuk di Spectator oleh penulis sains Inggris Matt Ridley.

Baca Juga: Alhamdulillah, Buka Kran Medali di Porprov XIII OKU Raya, PALI Raih Dua Perak dari Cabor Catur

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pecat 900 Karyawan via Zoom, Waduh!

Senin, 6 Desember 2021 | 21:57 WIB
X