• Selasa, 29 November 2022

Menag: Pengelola Masjid dan Musala agar lebih Bijaksana dalam Penggunaan Pengeras Suara

- Jumat, 12 November 2021 | 17:28 WIB
Menag memberi sambutan pada penutupan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI (kemenag.go.id)
Menag memberi sambutan pada penutupan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI (kemenag.go.id)


KLIKANGGARANPenggunaan pengeras suara di masjid dan musala kembali mendapat perhatian, kali ini oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menag berharap pada pengelola masjid dan musala agar lebih bijaksana dalam penggunaan pengeras suara dengan tujuan untuk menjaga kenyamanan bersama. Kenyamanan tersebut baik dalam lingkung intern atau antar umat beragama.

Harapan tersebut diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menutup Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke VII, Kamis 11 November 2021 di Palembang Sumatera Selatan.

Baca Juga: Fatwa MUI: Perdagangan Kripto Adalah Haram

"Tetapi ada satu hal yang tidak kalah penting agar penggunaannya betul-betul mempertimbangkan aspek kenyamanan bersama, karena kita hidup dalam masyarakat yang beragam," kata Menag.

Menag menambahkan, perlu peran ulama untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pengelola musala dan masjid tentang penggunaa pengeras suara tersebut.

"Dalam konteks ini, peran para ulama penting untuk memberikan insight (wawasan) yang luas kepada para pengelola masjid dan mushalla agar lebih bijaksana dalam penggunaan pengeras suara untuk menjaga kenyamanan bersama, baik dalam lingkup intern atau antar umat beragama," tambah Menag.

Baca Juga: Duh, 4,1 Miliar Penyertaan modal BUMD Sumsel, PT SAI Habis Dalam Waktu Singkat?

Menurut Menag, pihaknya sudah menerbitkan pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala. Menag mengajak MUI untuk ikut aktif dalam menyosialisasikan pedoman tersebut.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X