• Rabu, 19 Januari 2022

Tampil di Google Doodle, Ini Sekilas tentang Ismail Marzuki

- Rabu, 10 November 2021 | 11:30 WIB
Ismail Marzuki dalam Google Doodle (Dok.GoogleDoodle)
Ismail Marzuki dalam Google Doodle (Dok.GoogleDoodle)

KLIKANGGARAN - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang tahun ini jatuh pada hari Rabu, 10 November 2021, Google Doodle menampilkan gambar ilustrasi Pahlawan Nasional Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki adalah seorang komponis besar tanah air yang sudah tidak asing lagi namanya bagi semua orang yang berada di NKRI.

Banyak sekali karya yang sudah dihasilkan oleh Ismail Marzuki, sehingga namanya ditetapkan menjadi salah satu pahlawan nasional. Bahkan, pada hari ini di tahun 1968, pemerintah Indonesia menghormati warisan mendiang dengan mengabadikan namanya. Sekarang, namanya menjadi Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki (TIM).

Namun begitu, tidak semua orang mengetahui sejarah dari nama Ismail Marzuki yang sebenarnya, sehingga sampai menjadi legenda di negeri ini.

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Dipanggil Ahok! Apa Pasal?

Dikutip dari Wikipedia, Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi. Nama sebenarnya adalah Ismail. Sedangkan ayahnya bernama Marzuki, sehingga nama lengkapnya menjadi Ismail bin Marzuki.

Kebanyakan orang memanggil nama lengkapnya Ismail Marzuki. Bahkan di lingkungan teman-temannya kerap dipanggil Mail, Maing, atau Bang Maing.

Ia dilahirkan di Kampung Kwitang. Tepatnya di Kecamatan Senen, wilayah Jakarta Pusat, pada tanggal 11 Mei 1914.

Tiga bulan setelah Ismail dilahirkan, ibunya meninggal dunia. Sebelumnya Ismail Marzuki juga telah kehilangan dua orang kakaknya bernama Yusuf dan Yakup yang telah mendahului saat dilahirkan.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Virus Varian Omicron Melonjak, Apa Kata Luhut?

Senin, 17 Januari 2022 | 14:34 WIB

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X