• Selasa, 24 Mei 2022

Hari Pahlawan 2021, Berikut Pesan 17 Pahlawan Nasional Mulai Tjut Nyak Dien Hingga RA Kartini

- Selasa, 9 November 2021 | 14:46 WIB
Mengenang pesan para pejuang di Hari Pahlawan (Dok.Klikanggaran.com/BudiS)
Mengenang pesan para pejuang di Hari Pahlawan (Dok.Klikanggaran.com/BudiS)

KLIKANGGARAN - Pada Rabu, 10 November 2021, masyarakat Indonesia mengenang hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yakni peringatan Hari Pahlawan.

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, Pemerintah menggusung tema "Pahlawanku Inspirasiku". Sejumlah agenda pun telah disiapkan pemerintah, mulai dari menggelar upacara di Makam Pahlawan, kegiatan tabur bunga di laut, menggelar sejumlah lomba kegiatan, hingga upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara

Pada Peringatan hari Pahlawan tahun 2021 ini, Pemerintah Indonesia juga menghimbau adanya Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal 10 November 2021, serta mengheningkan cipta pada tanggal 10 November 2021 selama 60 detik dimulai pukul 08.15 (waktu setempat) secara serentak di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Anda Berkendara dengan Ngawur? Ini Contohnya

Berikut Klikanggaran.com menampilkan pesan-pesan dari 17 para Pahlawan Nasional kita yang tentunya sangat menginspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, utamanya bagi kaum milineal dan anak muda.

1. Pesan Pahlawan Nasional Abdul Muis

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang “. (Menceritakan pengalamannya di luar negeri kepada para pemuda di Sulawesi, ketika Abdul Muis melakukan kunjungan ke Sulawesi sebagai anggota Volksraad dan sebagai wakil SI).

2. Pesan Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara

Ing Ngarso Sung Tulodo (Di depan memberi contoh) Ing Madyo Mangun Karso (Di tengah memberi semangat) Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi dorongan). Semboyan yang diajarkan saat Ki Hajar Dewantara merintis Taman Siswa yang didirikan pada tahun 1922 dan hingga kini masih dipakai dalam dunia pendidikan.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X