• Kamis, 30 Juni 2022

Makna Api dalam Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam yang diresmikan Jokowi di Hari Pahlawan

- Rabu, 10 November 2021 | 07:24 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa, 9 November 2021. (BPMI Setpres/Lukas)
Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa, 9 November 2021. (BPMI Setpres/Lukas)

KLIKANGGARAN – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021, Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Selasa, 9 November 2021.

Lalu apa makna api dalam tugu api tersebut?

Dalam sambutan saat meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam itu, Presiden Jokowi menyatakan, api yang selalu menyala memberikan semangat untuk membangun Indonesia maju. Sambil menyitir Bung Karno, Presiden Jokowi menyatakan, warisi apinya, jangan abunya.

“Bung Karno pernah menyatakan: warisi apinya, jangan abunya. Warisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia maju,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga: Satu per Satu Fakta tentang Kecelakaan yang Menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Ardiasyah Terungkap

Presiden Jokowi menambahkan, keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam itu akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat, yaitu semangat untuk menjaga Pancasila, semangat menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan nasional, serta semangat untuk terus berinovasi memajukan negeri.

“Keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam ini adalah salah satu pengingat kobaran semangat kita, semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers dan membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu menurut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, api adalah simbol dari semangat, harapan, keberanian dan gairah bangsa Indonesia yang tak pernah padam untuk selalu mencintai Tanah Air dan rela berekorban untuk kedaulatan NKRI.

Baca Juga: Ibunda Bibi Angkat Bicara tentang Pengasuhan Gala, Putra Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X