• Minggu, 5 Desember 2021

Hasil Evaluasi Tak Ada, Sebab Bupati Batang Hari Belum Membentuk Evaluator Internal Tahun 2020?

- Rabu, 29 September 2021 | 11:36 WIB
Pemkab Batang Hari belum melaksanakan Monev SPBE sesuai pedoman yang berlaku (Dok.dprd.batangharikab.go.id)
Pemkab Batang Hari belum melaksanakan Monev SPBE sesuai pedoman yang berlaku (Dok.dprd.batangharikab.go.id)

Jakarta, Klikanggaran.com – Diketahui, pada tahun 2019 Bupati Pemkab Batang Hari membentuk Tim Evaluator dalam Kepbup Nomor 451 Tahun 2019 tentang Pembentukan Tim Evaluator Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang Hari. Tim evaluator ini disebut evaluator internal.

Berdasarkan hasil evaluasi internal Pemkab Batang Hari, evaluator eksternal melaksanakan evaluasi SPBE Tahun 2019 di tahun 2019. Pada tanggal 18 Februari 2020, evaluator eksternal menginformasikan kepada evaluator internal bahwa hasil evaluasi eksternal dapat diakses melalui spbe.go.id/moneval.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Ketua dan Sekretaris Tim Evaluator Pemkab Batang Hari diketahui bahwa mereka belum mengkomunikasikan Laporan Hasil Evaluasi SPBE tahun 2019 kepada PD. Hasil evaluasi dan rekomendasi SPBE tahun 2019 direncanakan akan dikomunikasikan Tim Evaluator pada saat proses evaluasi SPBE tahun 2020.

Baca Juga: Amanda Manopo Gondol 3 Piala ITA, Tunjukin sebagai Wanita Berkelas dengan Cuekin Arya Saloka, Mantaapp!

Dengan demikian Pemkab Batang Hari belum sepenuhnya melaksanakan monev SPBE tahun 2019 sesuai dengan pedoman yang berlaku. Bupati Batang Hari belum membentuk evaluator internal di tahun 2020.

Sampai dengan pemeriksaan lapangan berakhir tanggal 10 November 2020, belum ada hasil evaluasi mandiri yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Pemkab Batang Hari kepada evaluator eksternal.

Dengan demikian Pemkab Batang Hari belum melaksanakan monev SPBE tahun 2020 sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Baca Juga: Nia Daniaty Memilih Lepas Tangan Dengan Kasus Anaknya, Olivia Kerap Dilaporkan Kasus Penipuan

Permasalahan tersebut mengakibatkan nilai layanan administrasi pemerintahan berpotensi mengalami penurunan jika tidak dimonev berdasarkan pedoman yang berlaku oleh tim evaluasi internal.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X