• Minggu, 5 Desember 2021

Gelar Aksi di Kejari Batang Hari, Aksi Massa Menduga JPU Telah Melakukan Kriminalisasi

- Kamis, 23 September 2021 | 20:47 WIB
Aksi damai Akram di Kejaksaan Negeri Batang Hari (klikanggaran/anuza)
Aksi damai Akram di Kejaksaan Negeri Batang Hari (klikanggaran/anuza)

Batang Hari, Klikanggaran.com - Kelompok massa yang menamakan dirinya Akomodasi Rakyat Miskin (Akram) menggeruduk Kejaksaan Negeri Batang Hari, pada Kamis (23/09/2021).

Kelompok massa itu melakukan aksi damai, dengan membawa keranda dan meletakkannya di depan Kejari Batang Hari.

Kelompok massa itu menyebut terjadi dugaan pelanggaran nilai - nilai kemanusiaan yang dialami saudara Suanto bin Lagiman yang saat ini menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Batang Hari.

Kelompok massa Akram meminta Suwanto dibebaskan.

Koordinator Aksi Amir Akbar mengatakan bahwa kasus Suanto yang terdaftar dengan Nomor perkara 82 di Pengadilan Negeri Muara Bulian telah dilaksanakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yudi Adiyansah, S.H. pada hari Kamis 16 September 2021.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Melepas 1500 Tukik Penyu di Pantai Cilacap.

JPU Yudi menuntut Suanto dengan 3 tahun penjara. JPU berkeyakinan telah memenuhi unsur, menyatakan Suanto bersalah sebagaimana dakwaan (alternatif) kedua pasal 107 huruf a Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

Amir Akbar menyampaikan dugaan Jaksa Penuntut Umum Kejari Batang Hari Sdr. Yudi Adiyansah, S.H. telah melakukan Kriminalisasi terhadap Saudara Suanto dengan pasal 192 KUHP, yaitu merintangi jalan umum, dengan ancaman (tinggi) yaitu penjara 9 tahun.

JPU Yudi Adiyansah, S.H. telah mengkategorikan Jalan milik Perusahaan PT. Velindo Aneka Tani (PT VAT) sebagai JALAN UMUM dan dengan pasal ini pula Kejaksaan beralasan untuk melakukan penahahan terhadap Suanto, ungkap Amir Akbar.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X