• Minggu, 28 November 2021

Taliban Mengklaim Kuasai Panjshir, Provinsi Terakhir Afghanistan

- Senin, 6 September 2021 | 21:10 WIB
Pasukan Taliban (Doc. AFP)
Pasukan Taliban (Doc. AFP)


Afghanistan, Klikanggaran.com - Tiga minggu setelah Taliban menguasai Afghanistan, pada perlawanan terakhir tepatnya provinsi Panjshir, dikabarkan saat ini sudah berada di bawah kendali penuh Taliban. Klaim itu sebagaimana dikatakan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, Senin, 6 September 2021.

Akan tetapi, Front Perlawanan Nasional Afghanistan, yang telah menentang aturan, telah membantah bahwa provinsi itu telah jatuh di bawah Taliban,

"Kami meyakinkan [rakyat] Afghanistan bahwa perjuangan melawan Taliban dan mitra mereka akan berlanjut sampai keadilan dan kebebasan menang," ungkapnya dalam sebuah Tweet.

Baca Juga: Wali Kota Pekalongan Kunjungan Kerja ke PT Pindad Tinjau Produk Industrial

Sebelumnya, Taliban juga telah mengklaim para pejuangnya merebut posisi kunci di pintu masuk ke lembah Panjshir - satu-satunya provinsi Afghanistan yang masih di luar kendali kelompok itu. Akan tetapi, Perlawanan lokal telah membantah Taliban membuat kemajuan.

Taliban melancarkan operasi besar untuk merebut lembah Panjshir pada hari Kamis, setelah negosiasi dengan gerakan perlawanan lokal gagal, menurut juru bicara Zabihullah Mujahid, dilansir RT.com.

Dia mengatakan para pejuang Taliban memasuki provinsi itu dan merebut sebelas posisi "penting" di sepanjang jalan utama menuju provinsi timur Badakhshan.

Baca Juga: Jokowi Dukung Tumbuhnya Industri Perfilman Saat Situasi Pandemi

Di antara mereka adalah kota Shattal di provinsi Parwan, di pintu masuk barat daya ke lembah.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X