• Selasa, 21 September 2021

Siap Undang China, Rusia, dan Pakistan dalam Seremoni, Taliban Selesaikan Pembentukan Pemerintah Afghanistan

- Senin, 6 September 2021 | 17:24 WIB
Pimpinan Taliban dalam suatu wawancara (AP Photo)
Pimpinan Taliban dalam suatu wawancara (AP Photo)

Klikanggaran-- Taliban berada dalam tahap akhir pembentukan pemerintahan berikutnya di Afghanistan setelah mereka menyatakan "penaklukan penuh" Lembah Panjshir, di mana pasukan perlawanan telah berkumpul dan melakukan perlawanan keras melawan Taliban.

Sumber mengatakan pembentukan pemerintah di Afghanistan sedang dalam tahap akhir dan Taliban telah mengundang Pakistan, Turki, Qatar, Rusia, China dan Iran ke upacara tersebut.

Sementara itu, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan dalam konferensi pers di Kabul pada hari Senin bahwa "perang telah berakhir dan mereka berharap untuk memiliki Afghanistan yang stabil". Dia menambahkan bahwa “siapa pun yang mengangkat senjata, adalah musuh rakyat dan negara”.

“Orang-orang harus tahu bahwa penjajah tidak akan pernah membangun kembali negara kita dan itu adalah tanggung jawab rakyat kita untuk melakukannya sendiri,” kata pemimpin Taliban itu.

Baca Juga: WIKA Realty Abaikan Hak Ribuan Penghuni Apartemen TSA, Menteri BUMN Disurati

Taliban juga mengatakan bahwa tim teknis dari Qatar, Turki, dan perusahaan Uni Emirat Arab "bekerja untuk memulai kembali operasi di bandara Kabul".

Deklarasi kemenangan di Lembah Panjshir, benteng terakhir yang dipegang oleh sekelompok pasukan bersenjata anti-Taliban, menandai penguasaan penuh Afghanistan oleh Taliban.

Taliban mengatakan bahwa mereka telah menguasai provinsi Panjshir di utara Kabul, satu-satunya provinsi yang tidak direbut Taliban selama serangan mereka di Afghanistan bulan lalu.

Ribuan pejuang Taliban menyerbu delapan distrik Panjshir semalam, menurut saksi mata dari daerah yang berbicara dengan syarat anonim, karena khawatir akan keselamatan mereka.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: India Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X