• Selasa, 21 September 2021

Taliban Perintahkan Komandan Lucuti Senjata dan Tangkap Pejuang yang melakukan Selebrasi dengan Tembakan

- Minggu, 5 September 2021 | 19:17 WIB
Pemimpin Taliban berpose di depan pesawat C-130 di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul. (Twitter/ @AdityaRajKaul)
Pemimpin Taliban berpose di depan pesawat C-130 di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul. (Twitter/ @AdityaRajKaul)

KLikanggaran--Taliban telah mengeluarkan pedoman ketat terhadap anggotanya yang menembak di langit pada pernikahan dan perayaan kemenangan. Perintah itu datang setelah laporan bahwa orang-orang terluka di Kabul, Afghanistan oleh tembakan perayaan.

Penembakan senjata ke udara oleh anggota pasukan Taliban selama pernikahan dan perayaan lainnya menyebabkan kematian dan cedera dan menyebarkan ketakutan di kalangan warga sipil, menurut instruksi yang di-tweet oleh juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid pada hari Minggu.

Komandan militer Taliban di Kabul dan kota-kota lain disuruh segera melucuti senjata dan menangkap siapa saja yang menembak ke udara.

Baca Juga: Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, Warga Gelar Tasyakuran 7 Hari Beruturut-turut

Kepala polisi dan pejabat intelijen Taliban diinstruksikan untuk mengidentifikasi dan menghukum pelanggar.

Aturan baru itu tampaknya dimaksudkan untuk menanggapi laporan di media Afghanistan bahwa beberapa orang tewas dan menderita luka tembak setelah anggota Taliban menembakkan tembakan perayaan ke langit di atas Kabul pada Jumat malam.

Para pejuang bereaksi terhadap berita tentang kemenangan besar melawan lawan-lawan mereka di Provinsi Panjshir timur laut, benteng perlawanan anti-Taliban.

Mujahid memperingatkan pada hari Sabtu agar tidak membuang-buang amunisi dan membahayakan warga sipil dengan tembakan perayaan.

Taliban, sebuah kelompok Islam garis keras, menguasai sebagian besar Afghanistan pada 15 Agustus. Serangan besar-besaran itu dilakukan bersamaan dengan tahap akhir penarikan pasukan AS, yang selesai pada 30 Agustus.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X