• Sabtu, 27 November 2021

Miris, Puskesmas Tidar Kuranji Tidak Punya Dokter Gigi, Ke Manakah Harus Periksa Gigi?

- Kamis, 2 September 2021 | 16:20 WIB
Puskesmas Tidar Kuranji Tidak Memiliki Dokter Gigi (Doc. Globalhukumindonesia)
Puskesmas Tidar Kuranji Tidak Memiliki Dokter Gigi (Doc. Globalhukumindonesia)

Batanghari, Klikanggaran.com - Dua kondisi kontras tentang dokter gigi terjadi di dua puskesmas di Kabupaten Batanghari. Dokter gigi menumpuk di Puskesmas Muara Bulian sementara pada Puskesmas Tidar Kuranji Kecamatan Muaro Sebo Ilir (MSU) Kabupaten Batanghari, Propinsi Jambi tidak punya dokter giginya.

Melansir Global Hukum Indonesia, berdasarkan Keterangan Kepala Puskesmas Tidar Kuranji, Zainul Hayat,S.K.M., tidak adanya dokter gigi pada Puskesmas yang dipimpinnya disebabkan dokter gigi sudah pindah pada Puskesmas Muara Bulian. 

"Dahulu sekitar tahun 2014 ada dokter gigi di Pukesmas ini namanya Ibu Drg. Devi Muviati dan pada tahun 2019 dokter tersebut pindah pada Pukesmas Muara Bulian, itupun tanpa sepengtahuan saya dan Surat Keputusan (SK) pindahnya pun saya tidak tau, kabarnya SK tersebut dikeluarkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari," aku Kapus Zainul Hayat.

Baca Juga: Presiden Tinjau Vaksinasi di Lampung: Presiden janji tambah pasokan vaksin

Semenjak Dokter Gigi Devi Muviati tersebut pindah ke Puskesmas Muara Bulian, masyarakat desa ini tidak bisa lagi memeriksakan kesehatan gigi dan mulut mereka pada Puskesmas ini, sehingga untuk di Pukesmas Tidar Kuranji ini tidak tercapai pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan
Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), tambah Zainul.

"Kami sudah sering menanyakan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari kapan ada pengganti dokter gigi tersebut, tetapi sampai saat ini belum juga ada jawabannya. Sebenarnya Kadinkes Batanghari sudah tahu kalau Puskesmas Tidar Kuranji ini sudah tidak ada dokter gigi, seharusnya cepat cari penggantinya lagi, agar kebutuhan masyarakat akan kesehatan gigi dapat terpenuhi," ujar Zainul.

Informasi yang diterima dari beberapa sumber menyebutkan bahwa saat ini Puskesmas Muara Bulian terdapat empat orang dokter gigi, yakni Drg. Firi Azizah (SK Bupati), Drg. Devi Muviati (SK Dinkes), Drg. Fani (honorer Pemda) dan Drg. Nita juga tenaga honorer dari Pemda.

Sementara di Puskesmas Tidar Kuranji tidak ada dokter giginya.

Baca Juga: Mancini: Penonton Akan Menyaksikan Susunan Pemain yang Sama yang Mengalahkan Inggris di Wembley

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Miris! Adik Kakak Bergantian Sepatu di Sekolah

Rabu, 24 November 2021 | 21:12 WIB
X