• Jumat, 21 Januari 2022

Bupati Batanghari: Strategi Hadapi Pandemi, Pemda Melakukan Perbaikan Sektor Hulu Pertanian

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:03 WIB
Bupati Batanghari, MFA, mengikuti webinar PB HMI (doc diskominfo Batanghari)
Bupati Batanghari, MFA, mengikuti webinar PB HMI (doc diskominfo Batanghari)

Batanghari, Klikanggaran.com - Saat ini petani tidak memiliki daya dan kemampuan untuk mengolah lahan pertanian yang ada, Pemerintah hadir membantu petani mengolah lahan pertanian agar produksi pertanian lebih maksimal, salah satu strategi Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam menghadapi Pandemi Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, Provinsi Jambi pada tahun 2021 dan 2022 melakukan perbaikan sektor hulu pertanian di daerah untuk dapat meningkatkan produksi pertanian.

Demikian disampaikan Bupati Batanghari Muhamad Fadhil Arief (MFA) saat menjadi pemateri pada Webiner nasional Penguru Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Indonesia bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jambi Al Haris, juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Wali Kota Makasar Moh. Ramdan Pomanto,dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (31-08-2021). 

MFA memaparkan, masyarakat Kabupaten Batanghari 80 persen merupakan petani. Namun produksi hasil pertanian di daerah itu belum maksimal karena membutuhkan biaya yang tinggi untuk mengolah lahan pertanian. Sebab sebagian besar infrastruktur lahan pertanian di Kabupaten Batanghari kurang memadai. 

Terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap ektivitas perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Sevilla Tolak Tawaran Chelsea untuk Transfer Jules Kounde 

Dijelaskan juga Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Batanghari tahun 2021-2026 di rancang menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini dengan merujuk RPJMN. Dalam RPJMD tersebut, salah satu fokus Pemkab. Batanghari adalah memperbaiki sektor hulu pertanian di Batanghari

Salah satu upaya yang dilakukan yakni meningkatkan infrastruktur dasar penunjang pertanian dan melakukan pendampingan terhadap petani melalui penyuluh pertanian. 

"Untuk melakukan pendampingan terhadap petani Pemerintah Daerah menghadirkan penyuluh tangguh, penyuluh pertanian ini akan mendapingi petani meningkatkan hasil produksi pertanian," kata MFA

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Batanghari akan mengalokasikan anggaran lebih besar untuk peningkatan sektor hulu pertanian, kemudian sektor perdagangan dan jasa. Selain itu pemerintah daerah akan memfasilitasi kelompok tani untuk mendapatkan kredit dari perbankan. Melalui kredit perbankan tersebut diharapkan petani dapat mengembangkan dan membangkitkan usaha pertaniannya, tambah Bupati. 

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X