• Sabtu, 2 Juli 2022

Misteri di Balik Ketinggian Gunung Lawu, Pendaki Mau Selamat? Baca Ini

- Selasa, 16 November 2021 | 16:45 WIB
Gunung Lawu yang menyimpan banyak misteri (Dok.JemmyEffendy)
Gunung Lawu yang menyimpan banyak misteri (Dok.JemmyEffendy)

KLIKANGGARAN - Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung yang menyimpan banyak misteri ini memang dikenal memiliki aroma mistis yang kuat.

Bahkan, saking banyak misteri yang konon tersimpan di sekitarnya, Gunung Lawu dikenal sebagai gunung terangker di Indonesia.

Tidak sedikit cerita mistis yang dilatarbelakangi misteri Gunung Lawu ini. Kali ini Nyai Sampur akan mengajak pembaca untuk menelisik, bagian kecil dari mitos mistis yang beredar di seputar kegiatan pendakian Gunung lawu.

Gunung Lawu yang dikenal sebagai tempat moksanya Prabu Brawijaya V ini juga terkenal sakral dan penuh cerita mistis. Apa saja, sih, yang dilarang dilakukan saat mendaki gunung dengan banyak misteri ini? Yuk, simak, ya. Ini mitos yang dipercaya oleh warga setempat:

Baca Juga: Perburuan tehadap Kasus Suap Harun Masiku ditingkatkan, KPK telah minta bantuan Interpol

1. Jangan berkata kotor saat mendaki

Berkata sembarang yang diaggap kotor menjadi pamali saat mendaki. Dipercaya, Gunung Lawu adalah tempat berdiamnya banyak roh halus dari Kerajaan Majapahit. Mereka tidak suka dengan kata-kata kasar dan kotor.

2. Mengeluh saat mendaki

Mengeluh capek atau dingin sangat pamali saat mendaki Lawu, dipercaya jika pendaki mengeluh capek niscaya tidak akan sampai ke puncak. Sementara yang mengeluh dingin niscaya akan makin kedinginan. Banyak pendaki yang mengeluh capek, yang ada malah mereka hanya berputar-putar di area itu sampai mereka menyadari kesalahan mereka dan meminta maaf, maka perjalanan kembali lancar.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB

Pesantren Kilat: Singkat, tetapi Bermakna

Kamis, 9 Juni 2022 | 15:30 WIB
X