• Kamis, 27 Januari 2022

BEMP Pendidikan Sejarah UNJ: Pelatihan Keguruan dan Microteaching

- Jumat, 12 November 2021 | 08:39 WIB
Narasumber pada Pelatihan Keguruan dan Microteaching (Prodi_Sejarah_UNJ)
Narasumber pada Pelatihan Keguruan dan Microteaching (Prodi_Sejarah_UNJ)

KLIKANGGARAN--BEMP Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Jakarta kembali mengadakan webminar yang mendukung potensi mahasiswa dengan adanya Pelatihan Keguruan dan Microteaching, pada Minggu, 7 November 2021 lalu.

Pelatihan Keguruan dan Microteaching tersebut menyajikan 2 materi. Yang pertama mengenai Motivasi, Time Work, Problem Solving, dan materi Strategi media, sedangkan yang kedua mengenai Pengelolaan Kelas Kreatif.

Narasumber pada Pelatihan Keguruan dan Microteaching adalah alumni Pendidikan Sejarah yang berprofesi sebagai pengajar.

Baca Juga: Waspadai Gejala Stres pada Anak

Dalam materi pertama Pelatihan Keguruan dan Microteaching, Adhie Sostro Negoro, S.Pd selaku narasumber memaparkan motivasi untuk menjadi guru yang luar biasa, yaitu guru yang memberikan inspirasi bagi para peserta didiknya.

Adhie juga menjelaskan berbagai perspektif dan tantangan yang dihadapi guru sejarah, diantaranya masih banyak opini-opini yang menganggap remeh ilmu sejarah dan guru sejarah entah karena sejarah merupakan ilmu yang membicarakan tentang masa lalu sehingga saat ini ilmu sejarah dianggap tidak related dengan zaman, hingga opini bahwa sejarah itu ilmu yang tidak penting.

”Itu merupakan opini-opini yang harus dibuktikan oleh para guru sejarah di depan peserta didik mereka bahwa sejarah merupakan ilmu yang mempelajari masa lalu agar tidak mengulangi ataupun belajar dari kegagalan yang terjadi di masa lalu”, ujarnya.

Baca Juga: Membanggakan, Dua Pemain Indonesia Resmi Diperkenalkan Klub Asal Bosnia-Herzegovina, Siapa Ya?

Sebagai guru sejarah, terdapat beberapa inventaris masalah dalam menyampaikan materi, seperti terlalu monoton, terlalu mendetail, dan terlalu kronologis.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NU Perlu Membuat Sekolah Tinggi Perfilman Usmar Ismail

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:43 WIB

Seni dalam Organisasi

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:00 WIB

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB
X