• Senin, 5 Desember 2022

Pencetusan Logo Halal Baru oleh BPJPH Menimbulkan Perdebatan, Ini Pendapat Ketua MUI

- Selasa, 15 Maret 2022 | 21:08 WIB
Label Halal Indonesia (Dok. Kemenag)
Label Halal Indonesia (Dok. Kemenag)

KLIKANGGARAN--Kontroversi yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia setelah ditetapkannya logo halal yang baru oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) menjadi logo resmi bagi seluruh produk konsumsi di Indonesia, mendapat tanggapan langsung dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Halal dan Ekonomi Syariah, KH Sholahuddin Al Aiyub.

Dilansir dari laman resmi MUI yaitu mui.or.id, Kiai Aiyub mengatakan bahwa keputusan BPJPH menetapkan logo halal yang baru menjadi logo resmi ini terkesan terburu-buru dan akan menimbulkan banyak sekali perdebatan di kalangan masyarakat.

Walaupun diakui bahwa logo halal yang baru banyak mengadaptasi nilai-nilai Indonesia serta proses pemakaiannya pada produk-produk dalam negeri masih akan dilakukan secara bertahap, Kiai Aiyub tetap berpendapat seharusnya logo halal ini harus lebih memperhatikan aspirasi dari banyak kalangan.

Baca Juga: Mengejutkan ! Terlihat Selalu Mesra, Dody Sudrjat, Ayah Vanessa Angel Digugat Cerai Istrinya, Apa Masalahnya?

Kiai Ayub meneruskan bahwa poin penting dari wacana perubahan logo halal sebenarnya sudah dibicarakan sejak lama, namun belum menemui titik solusi yang terbaik. Hal ini karena pentingnya nilai-nilai yang harus benar-benat diperhatikan dan memang sudah melekat pada logo halal lama yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

“Sejak pertemuan itu, belum sempat ada tindak lanjut dan pembahasan lagi, namun sekarang tiba-tiba kita mendengar bahwa BPJPH telah mematenkan logo Halal Indonesia. Semestinya, penetapan logo halal perlu mempertimbangkan dan mengakomodir aspirasi berbagai pihak, khususnya para pelaku yang selama ini bergelut dalam bidang halal, ” ujar Kiai Aiyub kepada MUIDigial, Senin (14-03-2022).

Logo Halal MUI selama ini telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Karena memang produk yang menampilkan tanda halal dengan logo MUI ini dipasarkan di pasar global, ” tambahnya. (Naufal Ihyauddin)

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X