• Jumat, 12 Agustus 2022

Panduan dan Langkah-langkah Mengisi e-HAC yang Penumpang Wajib Isi Sebelum Keberangkatan

- Rabu, 2 Maret 2022 | 17:55 WIB
Penerbangan Pesawat (Pixabay)
Penerbangan Pesawat (Pixabay)

KLIKANGGARAN -- Diberitakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk menghindari antrean panjang di bandara saat kedatangan, pemerintah membuat ketentuan baru yang mengharuskan pelaku perjalanan domestik mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Untuk diketahui, e-HAC diisi setelah pelaku perjalanan domestik tiba di tempat tujuan.

Seiring dengan jumlah pengguna transportasi udara domestik meningkat, telah terjadi antrean panjang di bandara saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC.

Dikatakan oleh Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, pelaku perjalanan domestik diminta untuk segera update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, dan memperhatikan aturan terkini pengisian e-HAC domestik sebagai syarat wajib perjalanan selama masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Jalankan Instruksi Presiden Joko Widodo, Polri Disiplinkan WAG Anggotanya

"Dalam aturan penerbangan domestik terkini, penumpang harus mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi sebelum melakukan check in di bandara keberangkatan, atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan," kata Setiaji dikutip Klikanggaran.com dari laman Kemkes pada Rabu, 2 Maret 2022.

Sebagai informasi, e-HAC atau electronic-Health Alert Card (e-HAC) ialah Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi COVID-19.

Melalui aplikasi PeduliLindungi versi terbaru, lanjut Setiaji, e-HAC memiliki fitur pengecekan kelayakan terbang bagi pengguna transportasi udara domestik dengan tampilan yang lebih ramah pengguna (user-friendly).

Baca Juga: Habib Husein Ba'agil Sampaikan Permintaan Maaf Kepada Presiden Jokowi karena Ulah Oknum Penceramah, Kenapa?

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X