Aturan Baru Vaksin Booster untuk Lansia, Diberikan setelah 3 Bulan Vaksinasi Lengkap

- Kamis, 24 Februari 2022 | 10:02 WIB
Pemberian vaksin booster atau dosis ketiga kini diberikan setelah 3 bulan vaksinasi lengkap (kemkes.go.id)
Pemberian vaksin booster atau dosis ketiga kini diberikan setelah 3 bulan vaksinasi lengkap (kemkes.go.id)

KLIKANGGARAN – Pemberian vaksin booster atau dosis ketiga bagi lansia kini dilakukan setelah 3 bulan vaksinasi lengkap. Sebelumnya, pemberian vaksin booster diberikan setelah 6 bulan vaksinasi lengkap.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/ 1123 /2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia.

Dikutip dari laman kemkes.go.id, pemendekan interval pemberian vaksin booster bagi lansia dari 6 bulan menjadi 3 bulan merupakan tindak lanjut dan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional pada 21 Februari 2022.

''Kalau sebelumnya vaksinasi booster diberikan minimal 6 bulan, mulai hari ini pemberian dosis booster bagi lansia dapat diberikan dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap,'' kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta (22/2).

Baca Juga: Fadli Zon Kritik Keras Menag Yaqut yang Analogikan Adzan dengan Suara Anjing, 'Pejabat Cari-cari Masalah!'

Baca Juga: Ini Alasan Warganet Geram Serukan 'Tangkap Yaqut' Setelah Menag Yaqut Analogikan Adzan dengan Suara Anjing

Siti Nadia menambahkan, kombinasi regimen vaksin yang digunakan untuk vaksinasi booster lansia bisa secara homolog dan heterolog dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin di masing-masing daerah.

“Pada prinsipnya seluruh jenis vaksin yang telah mendapatkan EUA dari BPOM serta rekomendasi dari ITAGI bisa digunakan untuk percepatan vaksinasi booster lansia,”jelas Nadia.

dr. Nadia menekankan agar percepatan vaksinasi booster lansia berjalan beriringan dengan vaksinasi primer. Pelaksanaannya juga harus merata di seluruh Indonesia, mengingat masih ada beberapa daerah yang cakupan vaksinasi keduanya dibawah 70% dari populasi.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X