• Sabtu, 13 Agustus 2022

Menag Terbitkan Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala, Inilai Tanggapan MUI!

- Selasa, 22 Februari 2022 | 10:38 WIB
Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh (mui.or.id)
Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh (mui.or.id)

KLIKANGGARAN – Mejalis Ulama Indonesia (MUI) menilai Surat Edaran Menteri Agama tentang Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala sejalan dengan hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se Indonesia yang dilaksanakan pada akhir 2021.

Isi dari surat edara Menteri Agama tersebut juga telah dikomunikasikan dengan MUI dan didiskusikan dengan para tokoh agama.

Penjelasan tersebut diungkapkan oleh Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh seperti dikutip dari laman mui.or.id

Kia Niam juga menyatakan, MUI mengapresiasi keluarnya surat edaran Menteri Agama nomor 05 tahun 2022 tersebut karena bertujuan mengujudkan kemaslahatan dalam beribadah.

“Kami mengapresiasi atas terbitnya SE itu sebagai bagian dari upaya mewujudkan kemaslahatan dalam penyelenggaraan aktivitas ibadah,” ucap Kiai Niam, Senin (21/02) di Jakarta.

Baca Juga: Bayi Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Lahir Hari ini Selasa 22-02- 2022, Kelahiran dengan Operasi Caesar

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan Modus Jual Minyak Goreng Murah, Sudah ada Pelaku yang Ditangkap, Bagaimana Modusnya?

Lebih lanjut Kiai Niam menjelaskan, dalam pelaksanaan ibadah memang perlu diatur agar berdampak baik bagi masyarakat.

Intinya, dalam pelaksanaan ibadah, ada jenis ibadah yang memiliki dimensi syiar sehingga membutuhkan media untuk penyiaran, termasuk adzan. Dalam pelaksanannya, perlu diatur agar berdampak baik bagi masyarakat yaitu jamaah dapat mendengarkan syiar, namun tidak menimbulkan mafsadah,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X