• Sabtu, 13 Agustus 2022

1 Maret Akan Dijadikan Hari Besar Nasional, Ada Peristiwa apa pada 1 Maret?

- Selasa, 2 November 2021 | 15:09 WIB
Mendagri Tito Karnavian Membahas usulan 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono, Senin  1 November 2021 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta (kemendagri.go.id)
Mendagri Tito Karnavian Membahas usulan 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono, Senin 1 November 2021 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta (kemendagri.go.id)


KLIKANGGARAN – Pemerintah sedang memproses tanggal 1 Maret untuk dijadikan sebagai Hari Besar Nasional dengan nama Hari Penegakkan Kedaulatan Negera. Saat proses menjadikan 1 Maret sebagai Hari Penegakkan Kedaulatan Negara sedang dibahas oleh panitia antarkementerian.

Informasi 1 Maret akan dijadikan Hari Besar Nasional yaitu Hari Penegakkan Kedaulatan Negara terungkap dari jawaban tertulis yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian, setelah dialog dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DIY di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin 1 November 2021.

Tito Karnavian mengungkapkan, dari hasil rapat yang sudah dilakukan pada 21 Oktober lalu, seluruh kementerian dan lembaga yang hadir pada rapat tersebut mendukung usulan tanggal 1 Maret sebagai Hari Besar Nasional.

Baca Juga: Menteri Agama Itu Harus Islam, Kata Gus Yaqut!

Keputusan dari panitia antarkementerian tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Menteri Sekertaris Negara untuk diusulkan kepada Presiden.

"Apa pun hasil rapat panitia antarkementerian, akan disampaikan kepada Mensesneg untuk diusulkan kepada Presiden RI," kata Mendagri.

Keputusan apakah 1 Maret akan dijadikan Hari Besar Nasional yaitu sebagai Hari Penegakkan Kedaulatan Negara akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden.

Usulan menjadikan 1 Maret sebagai hari besar nasional datang dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono.

Baca Juga: Mal di Wilayah PPKM Level 1 Boleh Terima Pengunjung 100 persen dari kapasitas

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemendagri.go.id, InfoPublik.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X