• Senin, 8 Agustus 2022

Berubah, Syarat Naik Pesawat di Jawa – Bali Cukup Tes Antigen, Tidak Perlu Lagi Tes PCR

- Selasa, 2 November 2021 | 07:01 WIB
Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy


KLIKANGGARAN – Pemerintah merevisi persyaratan perjalanan udara untuk Jawa – Bali dari keharusan tes TCR menjadi cukup tes antigen.

Informasi perubahan persyaratan perjalanan udara tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dalam konferensi pers virtual setelah rapat terbatas dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Senin 1 November 2021.

“Untuk perjalanan akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa-Bali perjalanan udara tidak lagi mengharuskan tes PCR tapi cukup menggunakan tes antigen,” kata Menko Muhadjir.

Baca Juga: Video Viral Seorang Pekerja Masuk Got, Banyak Didoakan Hingga Sebut Layak Dapat Tunjangan Seperti DPR

Menko Muhadjir menambahkan, persyaratan baru naik pesawat tersebut sama dengan persyaratan perjalanan udara yang berlaku di wilayah luar Jawa - Bali. Perubahan tersebut sesuai dengan usulan Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam keterangan pers beberapa waktu lalu menyatakan untuk perjalanan udara di wilayah Jawa - Bali wajib melakukan tes PCR.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pergerakan orang menjelang libur natal dan tahun baru, Menko Muhadjir menyatakan pemerintah telah mempersiapkan berbagai langkah, termasuk menyangkut pembaruan aturan-aturan sangat diperlukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga: Kabur dari Karantina, Apakah Selebgram Rachel Vennya akan Jadi Tersangka?

“Beberapa aturan tersebut di antaranya mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, dan lainnya. Langkah itu tetap diperkuat dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan 3T (tracing, tracking, treatment),” kata Menko Muhadjir.**

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan SAHI atas Tambahan Kuota Haji 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:55 WIB
X