• Jumat, 9 Desember 2022

Lebih Utama Mana, Takwa atau Amal Saleh?

- Senin, 4 April 2022 | 14:31 WIB
Al-Quran kitab suci bagi Umat Islam (Pixabay/freebiespic)
Al-Quran kitab suci bagi Umat Islam (Pixabay/freebiespic)

KLIKANGGARAN--Takwa adalah meninggalkan larangan dan menjauhi kemaksiatan. Sedangkan amal saleh adalah melaksanakan perintah untuk meraih beragam kebaikan.

Takwa lebih sering diartikan sebagai perbuatan meninggalkan larangan, dan memenuhi kewajiban. Hal itu berarti bahwa tidak diperlukan amalan-amalan sunnah yang banyak untuk mencapai kata takwa.

Sedangkan amal saleh, sering diartikan sebagai perbuatan melakukan berbagai macam amalan sunnah yang tentunya tidak melupakan kewajiban, agar meraih banyak keutamaan.

Tentu kita ketahui bahwa tidak semua orang bisa melakukan banyak amalan sunnah. Tergantung kadar masing-masing setiap orang.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Gampang Lupa

Di samping itu, saat ini kita hidup di zaman yang dihiasi kerusakan moral dan spiritual serta luapan nafsu yang sulit dikendalikan.

Oleh karenanya, menurut Badiuzzaman Said Nursi dalam bukunya, Tuntutan Generasi Muda, bahwa takwa merupakan pilar yang sangat utama, bahkan ia menjadi inti dari pilar-pilar yang ada.

Orang yang melaksanakan kewajiban dan tidak melakukan dosa besar, akan selamat dengan izin Allah. Pasalnya, taufik untuk bisa melakukan amal yang tulus pada saat dosa besar mengepung adalah sesuatu yang sangat langka.

Sementara sebuah amal saleh meski sedikit, namun terhitung banyak dalam kondisi yang sangat berat dan sulit seperti sekarang ini.***( Fadil Muhammad/PBSI UNJ)

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Mistis Besari, Perempuan Berperut Balon

Jumat, 9 Desember 2022 | 00:05 WIB

Hari Ayah Nasional, Netizen: Miss You Pah

Sabtu, 12 November 2022 | 14:04 WIB

Ingin Suami Patuh, Ada Sesajen di Sudut Kamar!

Kamis, 29 September 2022 | 22:39 WIB
X